Aplikasi Sibiku Diluncurkan Tel-U Jadi Inovasi SLBN Sumedang: Bagaimana Cara Mengoprasikannya?

Aplikasi Sibiku diluncurkan Tel-U jadi inovasi SLBN Sumedang
Aplikasi Sibiku diluncurkan Tel-U jadi inovasi SLBN Sumedang(playstore/Sibiku)
0 Komentar

sumedangekspres– Aplikasi Sibiku diluncurkan Tel-U jadi inovasi SLBN Sumedang, aplikasi yang dibuat oleh Telkom University ternyata sangat bermanfaat khususnya untuk Sekolah Luar Biasa Negeri yang ada di Kabupaten Sumedang.  Ternyata aplikasi Sibiku adalah sebuah aplikasi pembelajaran bahasa isyarat berbasis android yang dapat dioperasikan baik secara online maupun offline.

Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi dan Kerjasama Rina Puji Astuti mengatakan, aplikasi Sibiku yang dibuat Tel-U merupakan sebuah upaya untuk turut serta dalam membangun pendidikan di Indonesia khususnya pendidikan bagi SLB.

Ini sebagai bentuk kontribusi kita dan sebagai langkah awal kami dengan turut serta membangun pendidikan khususnya pendidikan SLB dan kami berkomitmen akan mengeluarkan inovasi lain

Baca Juga:Puskesmas Sumedang Telah Memenuhi Standar Baik dalam Pelayanan: Apakah Semua Puskesmas atau Hanya Beberapa?Catatan Bencana Alam Kabupaten Sumedang Sepanjang 2023! Benarkah Sampai Ratusan?

Rina memaparkan, kelebihan dari aplikasi yang dibuat untuk anak-anak tuna rungu wicara ini, yakni sistem pengoperasiannya yang mudah digunakan. Sebab, sistem aplikasinya telah dilengkapi dengan kode getaran.

Jadi bukan hanya gambar dan video tapi ada sistem getar sehingga anak-anak yang tidak dapat mendengar akan terstimulasi. Jadi anak-anak bukan hanya melihat gambar atau video tapi dari getarannya itu anak-anak akan mendapatkan suatu kode, oh ini huruf A, huruf B dan seterusnya

Rina menyebut, saat ini SLBN B Sumedang telah menjalin kerjasama dengan Tel-U sekaligus menjadi pilot project dalam pengembangan inovasi. Ia pun berkomitmen akan terus mengembangkan inovasi yang telah dibuat sehingga bisa diimplementasikan ke sekolah-sekolah di daerah lainnya.

Jadi aplikasi ini bisa menjadi alat pembelajaran bukan hanya bagi siswa tapi juga para orang tua dan guru pendamping juga

Rina menambahkan, inovasi yang diluncurkan Tel-U berkat dukungan dari PT Bhakti Unggul Teknovasi (BUT) atau sebuah anak perusahaan dari Yayasan Pendidikan Telkom (YPT) Group.

Insyaallah akan ada banyak perusahaan-perusahaan lain yang akan menyalurkan CSR-nya sehingga kami bisa mengimplementasikannya di SLB-SLB lain di Sumedang, Bandung dan daerah lainnya

Kepala SLBN B Sumedang Hipni Mubarok Abidin mengaku, sangat terbantu dengan adanya aplikasi Sibiku. Sebab, aplikasi Sibiku bukan hanya bermanfaat bagi siswa tuna rungu wicara akan tetapi dapat bermanfaat bagi masyarakat secara umum.

0 Komentar