Miliki Potensi Ekonomi yang Besar, Menparekraf Yakin Sumedang Bisa Jadi Kabupaten Kreatif

Miliki Potensi Ekonomi yang Besar, Menparekraf Yakin Sumedang Bisa Jadi Kabupaten Kreatif
Miliki Potensi Ekonomi yang Besar, Menparekraf Yakin Sumedang Bisa Jadi Kabupaten Kreatif (ist/sumedangkab.go.id)
0 Komentar

sumedangekspres – Miliki Potensi Ekonomi yang Besar, Menparekraf Yakin Sumedang Bisa Jadi Kabupaten Kreatif

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, mendorong para pelaku ekonomi kreatif Kabupaten Sumedang agar terus berinovasi, dan berkarya serta membangun jejaring dalam upaya meningkatkan ekonomi masyarakat dan menciptakan lapangan kerja yang lebih luas.

Hal tersebut disampaikan Sandiaga dalam kegiatan Workshop Peningkatan Inovasi dan Kewirausahaan Kabupaten/Kota Kreatif (KaTa Kreatif) Indonesia di Pendopo PPS, Kamis, 14 Desember 2023.

Baca Juga:Rekomendasi Tempat Wisata di Ciamis yang Lagi Hits dan Instagramable!Staycation dengan Menikmati Pesona Alam dan Kesejukan Pedesaan yang Memikat di Villa Kampung Karuhun Sumedang

Menurutnya, Kabupaten Sumedang memiliki potensi ekonomi kreatif yang besar pada subsektor seni pertunjukan, kuliner, kriya dan fesyen.

Potensi tersebut dapat dimanfaatkan sebagai peluang pengembangan usaha oleh pelaku ekraf.

Ia mengungkapkan bahwa pelaku ekraf di Sumedang ini antusiasmenya sangat luar biasa.

Saya lihat ekosistem ekraf di Sumedang sangat siap melakukan uji petik, sehingga bisa kami ditetapkan sebagai Kabupaten Kreatif.

Ia mengatakan, kreativitas dan inovasi pelaku ekraf diperlukan dalam menjangkau pasar yang lebih luas dengan memanfaatkan teknologi yang berkembang saat ini.

Sandiaga melihat para pelaku ekonomi kreatif inilah yang akan menciptakan lapangan kerja, sehingga kerja mudah, mereka akan menjual sehingga mendapatkan penghasilan dan taraf hidupnya mengalami peningkatan dan berkah.

Melalui program KaTa Kreatif, Sandi berharap manfaatnya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat.

Baca Juga:Air Lindi di TPSA Cibereum Sumedang Akan Diriset BRIN untuk Dijadikan PupukBapenda Sumedang Catat Masih Banyak Desa di Sumedang yang Pendapatan PBB nya di bawah 75%

Adapun peserta yang mengikuti kegiatan Workshop KaTa Kreatif ini sebanyak 200 orang. Mereka adalah para pelaku ekonomi kreatif yang berdomisili di Kabupaten Sumedang dengan jumlah peserta sebanyak 200 orang.

Sandiaga juga menyalurkan banper (bantuan pemerintah) untuk subsektor ekonomi kreatif fotografi.

Karena dengan foto yang bagus maka Sumedang bisa jadi destinasi wisata unggulan.

Pj Bupati Sumedang, Herman Suryatman, menegaskan pihaknya ingin menjadikan Sumedang sebagai destinasi wisata kelas dunia.

Oleh karena itu, Herman meminta dukungan bantuan dan fasilitas kepada Menparekraf.

Herman mengatakan bahwa ia siap totalitas, mati-matian untuk Sumedang.

Untuk mencapai Sumedang World Class Destination, kata Herman, Pemda Sumedang juga sudah mempersiapkan syarat penting, yakni aksesbilitas.

Menurutnya, saat ini jika mau ke Sumedang tidak terlalu lama.

0 Komentar