Sandiaga Uno Akan Bawa Produk Sumedang ke Pameran Internasional

Sandiaga Uno Akan Bawa Produk Sumedang ke Pameran Internasional
Sandiaga Uno Akan Bawa Produk Sumedang ke Pameran Internasional (ist/IG)
0 Komentar

sumedangekspres – Sandiaga Uno Akan Bawa Produk Sumedang ke Pameran Internasional.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Uno, merespons antusiasme pelaku ekonomi kreatif di Sumedang saat berkunjung pada Kamis (14/12/2023) sore.

Saat mengunjungi berbagai produk UMKM kreatif, Sandiaga Uno turut memakai outer batik dan udeng yang merupakan hasil karya para pelaku ekonomi kreatif Sumedang.

Selain itu, Menparekraf juga menyoroti inovasi dalam pewarnaan kain menggunakan pewarna alami berbahan dasar kopi yang ditemuinya.

Baca Juga:Menparekraf RI Dukung Sumedang Jadi Destinasi Tingkat DuniaJadwal Sholat Sumedang Jumat, 15 Desember 2023

Dengan antusias, Sandiaga Uno berencana membawa produk tersebut untuk dipamerkan secara internasional di Asia Tenggara dan Amerika, mengakui bahwa produk kreatif Sumedang memiliki kualitas tinggi.

“Pewarnaan dari kopi, akan kita bawa ke pameran tingkat internasional di Asia Tenggara dan Amerika. Produk kreatif Sumedang berkualitas tinggi,” ujar Sandiaga Uno.

Kedatangan Menparekraf ke Sumedang merupakan bagian dari rangkaian Roadshow KaTa Kreatif, di mana Sumedang menjadi kabupaten ke-34 yang dikunjunginya.

Sandiaga Uno mendorong pemerintah setempat untuk segera melakukan uji petik PMK3I (Penilaian Mandiri Kabupaten Kota Kreatif) guna mempercepat penetapan Sumedang sebagai kabupaten kreatif.

Menurut Sandiaga, antusiasme pelaku ekonomi kreatif di Sumedang sangat positif dan berpotensi membuka lapangan kerja.

Dia menyebut bahwa ekosistem di Sumedang, dibimbing oleh tokoh seperti mantan Bupati Dony dan Pj Bupati Herman, sangat siap untuk menghadapi uji petik.

Sandiaga Uno menegaskan bahwa Sumedang sudah memiliki sejarah dalam dunia kreatif, tercatat sejak tahun 1989 dengan produknya yang diakui di Paris, Prancis, pada masa kolonial Belanda sebelum kemerdekaan.

Baca Juga:Prakiraan Cuaca Sumedang 15 Desember 2023Alun-alun Surian Sumedang, Dony Ahmad Munir : Aspirasi Warga Terwujud

Dia meyakini bahwa pelaku kreatif ini akan menjadi penggerak utama dalam menciptakan lapangan kerja, berjuang untuk meningkatkan penghasilan, serta hidup dengan berkah.

Menparekraf menyampaikan bahwa Kemenparekraf juga memberikan bantuan pemerintah (Banper) untuk sub-sektor fotografi, karena menurutnya, ekonomi kreatif tidak lengkap tanpa fotografi.

Sandiaga Uno menekankan bahwa Sumedang memiliki akses yang mudah dijangkau, hanya 1,5 jam perjalanan dari Jakarta dengan menggunakan Woosh selama 50 menit dan 45 menit dari Bandung.

Demikian pembahasan mengenai Sandiaga Uno Akan Bawa Produk Sumedang ke Pameran Internasional.***

0 Komentar