Covid-19 di Indonesia Kembali Melonjak, Menko Berpesan Agar Warga Jaga Prokes saat Liburan Nataru

Covid-19 di Indonesia Kembali Melonjak, Menko Berpesan Agar Warga Jaga Prokes saat Liburan Nataru
Covid-19 di Indonesia Kembali Melonjak, Menko Berpesan Agar Warga Jaga Prokes saat Liburan Nataru (ist/kemenko pmk)
0 Komentar

sumedangekspres – Covid-19 di Indonesia Kembali Melonjak, Menko Berpesan Agar Warga Jaga Prokes saat Liburan Nataru

Menko PMK Muhadjir Effendy mengingatkan masyarakat yang berencana berlibur pada Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 untuk mematuhi protokol kesehatan sebagai respons terhadap peningkatan kasus penularan COVID-19 baru-baru ini.

Muhadjir menyampaikan pesan secara tidak langsung kepada warga, bahwa dalam menikmati libur panjang Natal dan tahun baru, diinginkan agar dapat berjalan dengan menyenangkan dan penuh kebahagiaan.

Baca Juga:Siap Jadi Gubernur Jawa Tengah, Ini Dia Total Kekayaan Kaesang Pangarep yang Capai 100 Milyar?Israel Berencana Bangun Tembok Antiterowongan di Bawah Tanah Perbatasan Gaza

Namun, ia menyarankan untuk tetap berhati-hati, terutama dengan mematuhi protokol kesehatan sebagaimana yang biasanya diterapkan ketika menghadapi situasi pandemi COVID-19. Pernyataan ini disampaikan Muhadjir di Kantor Kemenko PMK, Jakarta, pada hari Senin.

Muhadjir menyatakan bahwa kasus penularan COVID-19 di beberapa negara, termasuk Indonesia, mengalami peningkatan. Meskipun demikian, ia menekankan bahwa peningkatan tersebut tidak perlu direspons dengan kepanikan atau reaksi yang berlebihan.

Muhadjir juga mencatat bahwa status endemi COVID-19 di Indonesia tidak berarti bahwa virus SARS-CoV-2 yang menyebabkan COVID-19 telah hilang sepenuhnya dari muka bumi.

Muhadjir menyampaikan pesan secara tidak langsung, bahwa penting untuk menghindari menciptakan kepanikan, termasuk menginstruksikan aparat di daerah untuk tidak menganggap situasi ini sebagai sesuatu yang luar biasa.

Ia menegaskan bahwa ini adalah hal yang biasa dan sudah diprediksi bahwa ketika memasuki masa endemi, COVID-19 akan tetap ada di sekitar kita.

Selain itu, Muhadjir menekankan bahwa seluruh masyarakat Indonesia telah mencapai tingkat kekebalan kelompok (herd immunity). Meskipun begitu, ia tetap mendorong individu yang belum menerima vaksin penguat atau belum pernah divaksinasi untuk segera mendapatkan vaksinasi.

Sebelumnya, Kementerian Kesehatan RI telah menyiapkan lebih dari 143 posko mudik yang tersebar di sepanjang jalur mudik Natal dan Tahun Baru 2024.

Baca Juga:Diduga Ugal-Ugalan, Begini Kronologi Truk Tambang yang Menimpa Ibu dan Anak Hingga Tewas di BogorProfil Zhafirah Zahrim Febrina, Pendaki Marapi yang Viral Kini Meninggal Usai 13 Hari Dirawat

Dante Saksono Harbuwono, Wakil Menteri Kesehatan RI, menyatakan bahwa pemerintah masih memiliki persediaan sebanyak 4,1 juta dosis vaksin COVID-19 yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan pemudik selama periode Natal dan Tahun Baru.

Ia mencatat bahwa tren peningkatan kasus COVID-19 berada dalam kisaran 35-40 kasus per 6 Desember 2023, dan jumlah pasien yang dirawat di rumah sakit berkisar antara 60-131 orang, tetapi masih berada dalam level yang dapat terkendali.

0 Komentar