Potensi Pengembangan Rute Baru di Bandara Kertajati, Jawa Barat

Potensi Pengembangan Rute Baru di Bandara Kertajati, Jawa Barat
Potensi Pengembangan Rute Baru di Bandara Kertajati, Jawa Barat (ist/maps/cepbudi)
0 Komentar

sumedangekspresBandara Kertajati yang terletak di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, semakin menunjukkan potensi sebagai pusat penerbangan strategis Indonesia.

Sejumlah rencana pengembangan rute baru kini menjadi berita utama, menunjukkan komitmen untuk memaksimalkan operasional bandara.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan membuka penerbangan domestik ke Surabaya.

Baca Juga:Menteri Perhubungan Ungkap Rencana Lanjutan Kereta Cepat Jakarta-Surabaya dengan Pendanaan KreatifPLN (Persero) Gelar Apel Siaga Kelistrikan untuk Menyambut Natal 2023 dan Tahun Baru 2024

Bey Machmudin, Penjabat Gubernur Jawa Barat, mengatakan Surabaya dipilih sebagai tujuan karena bandara di Provinsi Jawa Timur merupakan hub penting untuk penerbangan ke Indonesia bagian timur, termasuk Makassar, Manado, dan Papua.

Pembukaan rute ini diharapkan dapat meningkatkan jumlah penumpang yang menggunakan Bandara Kertajati.

Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati tak hanya berambisi terlibat dalam penerbangan internasional.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahudin Uno menyampaikan harapannya dengan dibukanya penerbangan internasional ke kawasan Timur Tengah.

Kemenparekraf akan mempertimbangkan berbagai pilihan rute antara lain Singapura, Malaysia, dan destinasi luar negeri lainnya.

Pentingnya pengembangan penerbangan internasional juga ditekankan oleh Muhammad Singgih, Direktur PT BIJB Perseroda.

Menurutnya, periode Natal dan Tahun Baru merupakan stimulus perekonomian yang strategis, dengan perkiraan jumlah penumpang meningkat hingga 30 persen.

Baca Juga:Cuaca Panas di Musim Hujan Desember 2023: Dampak El Nino dan Dipole Mode PositifDukungan Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla Menguatkan Posisi Anies Baswedan dalam Pilpres 2024

Meski mampu mengangkut 37.000 penumpang pada bulan pertama beroperasi (Oktober-November 2023), namun masih perlu optimalisasi.

Direktur PT BIJB Perseroda menyampaikan harapannya agar sejumlah rute penerbangan baru dapat segera dibuka, termasuk rute menuju Singapura.

Keputusan ini didasarkan pada tingginya minat pada rute internasional, terutama antara Singapura dan Provinsi Jawa Barat, yang memiliki potensi pariwisata yang cukup besar.

Meskipun rencana pengembangan rute baru ini memancarkan optimisme, belum ada informasi pasti mengenai kapan rute-rute baru tersebut akan dibuka.

Keputusan ini kemungkinan akan melibatkan koordinasi antara pihak terkait, termasuk otoritas penerbangan, maskapai, dan instansi pariwisata, guna memastikan kelancaran dan kesuksesan implementasinya.

Dengan adanya langkah-langkah strategis ini, Bandara Kertajati diharapkan dapat memperluas jangkauan pelayanan dan mendukung pertumbuhan sektor pariwisata dan ekonomi di Jawa Barat.***

Demikian merupakan artikel mengenai Potensi Pengembangan Rute Baru di Bandara Kertajati, Jawa Barat.

Berita tersebut sudah tayang di website Radar Kuningan. Dengan judul “Rute Baru Bandara Kertajati, Incar Surabaya, Singapura hingga Negara-negara di Timur Tengah“.

0 Komentar