Janji Cak Imin Bangun 40 Kota Setara Jakarta, Pengamat : Tidak Realistis dan Tidak Masuk Akal

Janji Cak Imin Bangun 40 Kota Setara Jakarta, Pengamat : Tidak Realistis dan Tidak Masuk Akal
Janji Cak Imin Bangun 40 Kota Setara Jakarta, Pengamat : Tidak Realistis dan Tidak Masuk Akal(istimewa/cnbcindonesia.com)
0 Komentar

sumedangekspres – Janji Cak Imin Bangun 40 Kota Setara Jakarta, Pengamat : Tidak Realistis dan Tidak Masuk Akal

Dalam debat Cawapres yang berlangsung pada hari Jumat 22 Desember 2023 lalu Calon Wakil Presiden no urut 1 Muhaimin Iskandar atau Cak Imin mengatakan sebuah janji bahwa ia akan membangun 40 kota di Indonesia yang setara dengan Jakarta.

Salah satu Pengamat Tata Kota menanggapi hal tersebut bahwa janji Cak Imin bangun 40 Kota setara Jakarta adalah hal yang tidak realistis.

Baca Juga:Wisata Alam Terbaik Sumedang Saat Libur Nataru 2024, Wisata Mata Air Sirah CipelangRumah Jadul Ratusan Tahun di Conggeang Yang Diminati Jutawan

“Terlalu muluk dan tidak realistis mulai dari perencanaan kotanya, pelaksanaan pembangunannya, sampai dengan pembiayaannya,” ujar Nirwono, dikutip dari kompas.com (26/12/2023).

Nirwono menyoroti bahwa program Bappenas untuk mengembangkan 10 wilayah metropolitan, yang setara dengan Jakarta, belum terealisasi selama beberapa tahun terakhir. Apalagi jika harus mengembangkan 40 kota yang setar dengan Jakarta, hal tersebut sangat tidak masuk akal.

Mengutip laman Bappenas, 10 wilayah metropolitan yaitu Medan-Binjai-Deli Serdang-Karo, Palembang-Betung-Indralaya-Kayuagung, Jabodetabek Cianjur, Cekungan Bandung, Kendal-Denak-Unggaran-Salatiga-Semarang-Purwodadi, Gresik-Bangkalan-Mojokerto-Surabaya-Sidoarjo-Lamongan, Denpasar-Badung-Gianyar-Tabanan, Banjarmasin-Banjarbaru-Banjar-Barito Kuala-Tanah Laut, Makassar-Maros-Sungguminasa- Takalar, dan Bitung-Minahasa-Manado.

“Perencanaan tersebut sudah dimulai sejak tahun 2014 hingga 2024, namun pada saat ini hanya Jakarta yang bisa disebut siap. Sembilan kota lainnya bahkan belum menunjukkan kemajuan yang signifikan,” ujarnya.

Ia menambahkan bahwa membangun Kota Jakarta saja perlu waktu selama 60 tahun bila merujuk dari rencana induk Jakarta yang diterbitkan pada tahun 1965.

Itu pun Jakarta tidak dibangun dari 0 karena melanjutkan pembangunan Kota Batavia. Karena hal itu, dia meragukan bahwa pembangunan 40 kota seukuran Jakarta bisa terlaksana dalam waktu lima tahun masa jabatan.

“Bagaimana membangun 40 kota, mau kota baru atau kota yang sudah ada ditingkatkan, dalam waktu 5 tahun? Kalau mau dibagi rata, berarti 8 kota tiap 1 tahun. Apa yang mungkin 8 kota dibangun dalam waktu 1 tahun? Kemudian 40 kota setara dengan Jakarta? Karena kan faktanya membangun kota Jakarta tidak bisa sebentar,” ungkap Nirwono.

Baca Juga:Daftar Barang Buatan Israel Yang Banyak Dibeli Masyarakat IndonesiaRanking FIFA 2023 : Indonesia ke-146, Argentina Masih Tetap Teratas

Pengamat tersebut mengatakan bahwa janji Cak Imin bangun 40 kota setara Jakarta adalah hal yang sangat tidak realistis dan tidak masuk akal.

0 Komentar