Sumedang Akan Diguyur Hujan Deras Tiga Hari Berturut-turut Menjelang Tahun Baru

Sumedang Akan Diguyur Hujan Deras Tiga Hari Berturut-turut Menjelang Tahun Baru
Sumedang Akan Diguyur Hujan Deras Tiga Hari Berturut-turut Menjelang Tahun Baru (ilustrasi/ist)
0 Komentar

sumedangekspres – Sumedang Akan Diguyur Hujan Deras Tiga Hari Berturut-turut Menjelang Tahun Baru.

Tiga hari menjelang pergantian tahun, Kabupaten Sumedang diprediksi akan mengalami hujan lebat pada Kamis (28/12/2023).

Jika Anda berencana untuk berlibur ke daerah tersebut, disarankan untuk memeriksa kondisi cuaca hari ini guna melakukan persiapan yang tepat selama perjalanan.

Suhu udara di Kabupaten Sumedang kembali dipengaruhi oleh hujan deras.

Baca Juga:Pemkab Sumedang Raih Anugerah Philothra 2023, Herman Suryatman : Terima Kasih Kepada Wajib PajakAPDESI Sumedang Usulkan Hapus Pj Kepala Desa Pada Pilkades Tahun Depan

Menurut Kepala Stasiun Geofisika Bandung, Teguh Rahayu, situasi ini disebabkan oleh gangguan gelombang ekuatorial atmosfer, yang menyebabkan pertumbuhan awan lebih dominan di wilayah Jawa bagian tengah hingga timur.

Keadaan ini diperkirakan akan berlangsung hingga pertengahan dasarian III Desember 2023.

Teguh menyarankan agar masyarakat yang sering bepergian tetap mempersiapkan diri dengan peralatan anti-hujan. Meskipun terjadi penurunan, hujan lokal masih mungkin terjadi.

“Jangan lupa menjaga kesehatan tubuh dan stamina, terutama agar tidak mengalami dehidrasi. Jika cuaca ekstrem terjadi, disarankan untuk tidak memaksakan perjalanan dan mencari tempat berlindung yang kokoh,” ungkap Teguh.

Cuaca di Kabupaten Sumedang hari ini diprediksi akan cerah berawan pada pagi hari, dengan potensi hujan ringan hingga sedang menjelang siang hari, terutama di sebagian wilayah Kabupaten Bogor, Kabupaten Sukabumi, dan Kabupaten Cianjur.

Pada siang dan sore hari, cuaca secara umum berawan, dengan potensi hujan sedang hingga lebat di beberapa wilayah Kabupaten dan Kota Bogor, Kabupaten dan Kota Sukabumi, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Purwakarta, dan Kabupaten Bandung Barat.

Pada malam hari, terdapat potensi hujan ringan hingga sedang di sejumlah wilayah Kabupaten dan Kota Bogor, Kabupaten Cianjur, Kabupaten dan Kota Sukabumi, Kabupaten dan Kota Bekasi, Kabupaten Karawang, Kabupaten Subang, dan Kabupaten Purwakarta.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Jabar mencatat suhu udara di Jawa Barat berkisar antara 17 hingga 37 °C, dengan kelembapan udara berkisar antara 45 hingga 98 persen.

Baca Juga:Longsor di Desa Girimukti Sumedang, Jalan Penghubung Sumedang-Subang TergangguTimnas AMIN Tak Punya Uang untuk Cetak Alat Peraga Kampanye, Ahmad Ali : Modal Kami Hanya Gagasan

Angin secara umum bertiup dari timur laut hingga tenggara dengan kecepatan 05 hingga 50 km/jam.

BMKG juga mengingatkan bahwa potensi peningkatan curah hujan di beberapa wilayah Indonesia dipicu oleh fenomena seperti Madden Julian Oscillation (MJO), gelombang Equatorial Rossby (ER), penguatan monsun Asia, Bibit Siklon Tropis 99W, dan anomali positif Suhu Muka Laut di beberapa wilayah di sekitar Indonesia.

0 Komentar