Warga Jabar Dihimbau Untuk Waspada, Jabar Dikepung Sesar Aktif

Warga Jabar Dihimbau Untuk Waspada, Jabar Dikepung Sesar Aktif
Warga Jabar Dihimbau Untuk Waspada, Jabar Dikepung Sesar Aktif(istimewa)
0 Komentar

sumedangekspres – Warga Jabar Dihimbau Untuk Waspada, Jabar Dikepung Sesar Aktif

Gempa yang baru-baru ini terjadi Di Kabupaten Sumedang dengan kekuatan 4,8 Magnitudo yang mengakibatkan kerusakan di beberapa rumah warga.

Para ahli banyak yang memprediksi bahwa gempa ini disebabkan pergerakan lempengan sesar tektonik lokal.

Kepala Pusat Gempa Bumi seperti gempa Badan Metereologi, Klimatolgi dan Geofisika (BMKG) Daryono mengatakan, gempa yang terjadi di Kabupaten Sumedang dipicu oleh sesar aktif yang belum terpetakan.

Baca Juga:Kaesang Bertemu Relawan Tangerang, Serukan Prabowo-Gibran Menang Satu PutaranYana Mulyana Dijebloskan Ke Lapas Sukamiskin Oleh KPK

Menurutnya, di Sumedang sendiri ada sesar aktif dan jika terjadi gempa sangat dangkal dari permukaan bumi.

Menurut Daryono, berdasarkan pemantauan BMKG, terdapat tiga zona gempa aktif di Jawa Barat yang telah teramati sejak tanggal 1 November 2023 hingga 9 Desember 2023.

Jabar Dikepung Sesar Aktif

Pertama adalah, Zona aktivitas gempa swarm berada di Kecamatan Pamijahan, Leuwiliang dan Nanggung Kabupaten Bogor.

Di wilayah ini telah terjadi 32 kali. Tapi dengan kekuatan terkecil dengan Magnitudo 1,8 dan 4,0.

Selain itu, terdapat Zona Cianjur yang terletak di Sesar Cugenang yang telah mengalami 12 kali gempa. Dari jumlah tersebut, 6 kali gempa memiliki magnitudo antara 2,0 hingga 2,9 dan dirasakan oleh sebagian orang.

Ada zona lainnya, yaitu Sesar Garut Selatan (Garsela), yang telah menyebabkan gempa di Kabupaten Garut dan Kabupaten Bandung. Terdapat 8 kali kejadian gempa dengan magnitudo berkisar antara 2,1 hingga 2,7. Beberapa di antaranya bahkan dapat dirasakan getarannya oleh penduduk setempat.

Kemudian ada Backthrust segmen Jawa atau sesar anjak di utara Pulau Jawa yang membentang dari Anyer-Semarang hingga Situbondo

Baca Juga:Warga Yang Rumahnya Rusak Akibat Gempa Sumedang Diberikan Dana Bantuan Dari Pemerintah Pusat Senilai Rp 60 JutaLaut Banda Maluku Diguncang Gempa 5,0 Magnitudo Pagi Ini

Selain itu ada, sesar mendatar Cimandiri yang kemarin sempat aktif merupakan Sesar yang ada di Jawa Barat. Tepatnya di Kabupaten Cianjur.

Sementara sesar – sesar lokal yang sudah terdeteksi di antaranya sesar jampang, sesar walat, sesar cileunyi, sesar cipeles, sesar lembang, sesar jatiluhur, sesar pelabuhan ratu.

Jabar dikepung sesar aktif, sesar-sesar ini akan selalu aktif setiap saat. Hal ini dikarenakan setiap harinya bumi bergerak secara dinamis. Sehingga gerakan tersebut bisa dirasakan oleh manusia lewat peristiwa gempa.

Artikel ini sudah tayang di jabarekspres.com dengan judul Waspada! Jabar Dikepung Sesar Aktif, Gempa Bisa Tejadi Kapan Saja

0 Komentar