Periksa Surat Suara Sebelum Distribusi

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumedang Ogi Ahmad Fauzi memastikan proses penyortiran dan pelipatan surat suara berjalan dengan baik sebelum proses pendistribusian.
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumedang Ogi Ahmad Fauzi memastikan proses penyortiran dan pelipatan surat suara berjalan dengan baik sebelum proses pendistribusian.
0 Komentar

sumedangekspres, KOTA – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumedang Ogi Ahmad Fauzi memastikan proses penyortiran dan pelipatan surat suara berjalan dengan baik sebelum proses pendistribusian.

“Kami tentunya akan memastikan surat suara itu dalam kondisi yang baik dan layak sebelum dilakukan pendistribusian ke PKK ataupun ke Tempat Pemungutan Suara (TPS),” kata Ogi Ahmad Fauzi saat ditemui di Kantor KPU Kabupaten Sumedang Rabu (4/1/2024).

Dikatakan, jika kondisi surat suara untuk Pemilu 2024 ini relatif cukup baik dibanding dengan Pemilu sebelumnya. Sehingga, petugas sortir lipat yang berjumlah 700 orang ini pada hari ini relatif sedikit menemukan adanya noda atau atau tinta di surat suara. Begitu juga untuk perbedaan warna, jauh lebih sedikit dibandingkan sebelumnya.

Baca Juga:PKS Bantu Warga Terdampak Gempa BumiCuaca Buruk Harga Sembako Melonjak

Hingga hari ke tujuh proses sortir lipat surat suara ini, lanjut dia, pihaknya telah menyelesaikan penyortiran dan pelipatan untuk surat suara calon anggota DPRD tingkat Kabupaten.

“Hingga hari ini surat suara untuk 6 Daerah Pemilihan (Dapil) sudah selesai disortir dan dilipat dengan mengerahkan 700 orang, dan masih ada waktu beberapa hari ke depan untuk sortir lipat surat suara lainnya,” ucapnya.

Selain melakukan sortir lipat surat suara, lanjut Ogi, pihaknya juga kini mulai melakukan pengesetan kebutuhan lainnya, sebelum dimasukkan ke dalam kotak suara.

“Tapi untuk kotak suara belum bisa dirangkai karena keterbatasan tempat. Untuk itu, kami kini sedang mencari tempat yang representatif supaya kotak yang sudah terangkai itu dapat dimasukkan kebutuhan logistik-logistik lainnya. Karena dalam proses pendistribusian nanti, KPU akan melakukannya dalam kondisi sudah pengesetan,” ungkap Ogi.

Ditargetkan, hingga Minggu ke 3 di bulan Januari 2024 ini sudah selesai proses pengepakan dan yang lainnya. Hingga, pada diakhir Januari sudah mulai melakukan distribusi ke tingkat kecamatan.

“Jadi di akhir Januari ini, kami menargetkan akan mulai melakukan distribusi ke tingkat kecamatan,” kata Ogi.

Dalam kondisi curah hujan yang cukup tinggi ini, ada beberapa kondisi yang perlu diantisipasi oleh KPU dalam proses pendistribusian nanti.

Baca Juga:Bumi Asri Minta Dukungan PemdaRumah Sakit dan Sekolah Prioritas Perbaikan

“Curah hujan yang cukup tinggi tentunya menjadi tantangan tersendiri dalam pendistribusian logistik Pemilu. Kita akan memastikan kendaraan yang digunakan nanti betul-betul aman, supaya tidak menggangu logistik Pemilu 2024,” tandasnya. (red)

0 Komentar