Unpad Beri Rp 250 Juta Untuk Pemulihan Gempa Bumi Sumedang

Unpad Beri Rp 250 Juta Untuk Pemulihan Gempa Bumi Sumedang
Unpad Beri Rp 250 Juta Untuk Pemulihan Gempa Bumi Sumedang (ist)
0 Komentar

sumedangekspres – Unpad Beri Rp 250 Juta Untuk Pemulihan Gempa Bumi Sumedang.

Dalam upaya mendukung respons terhadap bencana gempa bumi di Sumedang, Universitas Padjadjaran (Unpad) menyumbangkan donasi senilai Rp250 juta kepada Pemerintah Kabupaten Sumedang.

Rektor Unpad, Prof. Rina Indiastuti, secara langsung menyerahkan donasi tersebut kepada Pj Bupati Sumedang, Herman Suryatman, dalam acara yang diadakan di Gedung Negara Sumedang pada Rabu (3/1/2024).

Turut hadir dalam acara tersebut sejumlah pimpinan universitas dan fakultas di lingkungan Unpad, serta Pj Sekda Sumedang Tuti Ruswati dan sejumlah pimpinan kedinasan di Pemkab Sumedang.

Baca Juga:BAZNAS Jabar Ajak Warga Beri Donasi Untuk Korban Gempa SumedangJusuf Hamka : Terowongan Tol Cisumdawu Tidak Retak Karena Gempa Sumedang!

Rektor Unpad menyampaikan bahwa donasi yang terkumpul dari warga Unpad mencerminkan keprihatinan terhadap bencana gempa bumi yang terjadi secara beruntun pada Minggu (31/12/2023) dan Senin (1/1/2024).

Sebagai perguruan tinggi yang terletak di Kabupaten Sumedang, Unpad merasakan sulitnya menghadapi bencana gempa bumi, terutama oleh masyarakat yang terdampak.

Dengan dukungan dari warga Unpad, donasi diharapkan dapat membantu dalam proses pemulihan pasca-bencana.

Rektor menekankan bahwa Unpad siap membantu dalam proses pemulihan dan berkontribusi pada upaya lain yang mungkin dibutuhkan oleh Pemkab Sumedang.

Ia menyatakan kesiapannya untuk mendengarkan dan memberikan bantuan sesuai dengan kompetensi dan kapasitas yang dimiliki Unpad.

Sementara itu, Pj Bupati Sumedang, Herman, mengapresiasi donasi yang diberikan oleh Unpad. Ia menyebut Unpad sebagai perguruan tinggi pertama yang memberikan perhatian kepada warga Sumedang pasca-gempa bumi.

Herman menilai bahwa gempa bumi merupakan peristiwa baru di Sumedang, dan melihat lokasi episentrum gempa di pusat kota, wilayah Sumedang diyakini menjadi salah satu pusat gempa baru.

Baca Juga:Apakah Gempa Jepang Berkaitan Dengan Gempa Sumedang?Daftar Nama 10 Korban Gempa Bumi di Sumedang

Herman menyatakan bahwa dampak gempa bumi memerlukan perencanaan baru untuk Sumedang.

Ia menyampaikan terima kasih atas perhatian dan solidaritas Unpad, dan berharap Unpad dapat mendukung proses revisi perencanaan jangka panjang untuk memasukkan faktor mitigasi bencana, khususnya terkait gempa bumi, dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) selama dua puluh tahun ke depan.

Dalam pertemuan tersebut, Herman juga membahas kemungkinan kerja sama antara Unpad dan Pemkab Sumedang untuk memperkuat kapasitas dan kesejahteraan masyarakat setempat.

0 Komentar