Berhenti Merokok dengan Permen Karet? Emang Bisa? Ini Kata Dokter

Berhenti Merokok dengan Permen Karet
Berhenti Merokok dengan Permen Karet/ist
0 Komentar

sumedangekspres – Berhenti merokok dengan permen karet, emang bisa? Yuk simak dulu!

Dalam perjalanan menuju berhenti merokok, banyak orang mencari metode yang efektif untuk melawan adiksi rokok.

Salah satu pendekatan yang menarik adalah menggunakan permen karet sebagai alat bantu.

Baca Juga:Presiden Jokowi Bakal Hadiri Pernikahan Putra Sultan BruneiSafari Politik ke Lampung, Siti Atikoh Disambut Ribuan Ibu-ibu

Prof Dr. dr. Agus Dwi Susanto, seorang spesialis paru, menyatakan, “Permen karet adalah salah satu upaya untuk mengatasi adiksi, withdrawal, juga perilaku. Menggunakan permen karet adalah perilaku yang diubah oleh kita, biasanya pegang rokok, kita ganti dengan permen karet.”

Meskipun mengunyah permen karet bisa menjadi alternatif yang menarik, Agus menekankan bahwa tidak hanya itu satu-satunya cara.

Ia menyarankan, “Mereka yang ingin berhenti merokok sebenarnya tidak harus mengunyah permen karet melainkan juga dapat melakukan sesuatu yang membuat tangannya sibuk seperti berkebun atau aktivitas lainnya.”

Dalam manajemen berhenti merokok, beberapa aspek perlu diperhatikan, termasuk tata laksana ketagihan, tata laksana putus nikotin, dan tata laksana perilaku berupa perubahan perilaku dan dukungan lingkungan.

Komitmen dan motivasi juga menjadi kunci penting dalam proses ini.

Agus mengungkapkan, “Kalau orang itu merokok biasanya pegang rokok, setiap hari harus ada sesuatu di mulutnya, maka itu kita harus menggantinya, terapi perilakunya.”

Penting untuk diingat bahwa berhenti merokok bukan hanya tentang mengandalkan permen karet, tetapi juga melibatkan kombinasi berbagai metode.

Agus menjelaskan, “Biasanya kalau terapi tambahan antara obat dengan kombinasi non-obat, keberhasilannya bisa naik, bisa sampai 60-70 persen, lebih tinggi dibandingkan terapi tunggal.”

Baca Juga:Tol JORR 2 Bakal Rampung di Maret 2024!Disindir Food Estate Gagal, Amran Sulaiman: Itu Bukan untuk Didebatkan

Kementerian Kesehatan pernah memberikan kiat berupa akronim “S.T.A.R.T.” yang dapat membantu individu dalam proses berhenti merokok.

Mulai dari menetapkan tanggal berhenti hingga mengonsultasikan ke layanan upaya berhenti merokok, setiap langkah memiliki peran penting.

Dengan demikian, sementara jika ingin berhenti merokok dengan permen karet sangat bisa.

Nah metode lain juga bisa, seperti terapi perilaku dan dukungan lingkungan, guna meningkatkan kesuksesan dalam mengatasi adiksi rokok.

Demikian artikel tentang berhenti merokok dengan permen karet.

0 Komentar