Perang Israel vs Hamas Meluas Hingga Ke Yaman, Inggris dan AS Ikut Campur

Perang Israel vs Hamas Meluas Hingga Ke Yaman, Inggris dan AS Ikut Campur
Perang Israel vs Hamas Meluas Hingga Ke Yaman, Inggris dan AS Ikut Campur (ist/pinterest)
0 Komentar

sumedangekspres – Perang Israel vs Hamas Meluas Hingga Ke Yaman, Inggris dan AS Ikut Campur, Jumat (12/1) menjadi saksi peristiwa dramatis di Yaman saat Amerika Serikat dan Inggris menggebrak dengan serangkaian serangan udara terhadap milisi Houthi.

Perang Israel vs Hamas Meluas Hingga Ke Yaman

Keputusan ini dipicu oleh rangkaian sabotase dan pembajakan kapal komersial terkait Israel oleh kelompok Houthi di Laut Merah.

Ledakan dahsyat terdengar di sejumlah kota Yaman tak lama setelah serangan dilancarkan oleh pasukan AS dan Inggris.

Baca Juga:Mark Zuckerberg Mulai Jadi Peternak Sapi di Hawaii, Sekelas Bos Meta Jadi PeternakAksi Heroik Damkar Depok Selamatkan iPhone 14 Pro Max Tetap Hidup Meski 5 Jam di Sumur 20 Meter!

Reuters melaporkan bahwa empat pejabat AS mengungkapkan puluhan serangan udara dipusatkan pada target Houthi di Yaman.

Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak memberi lampu hijau untuk terlibat dalam serangan terhadap Houthi di Timur Tengah.

Dalam waktu singkat setelah laporan tersebut, belasan ledakan besar mencuat di Hodeidah hingga Ibu Kota Sana’a.

Konflik ini semakin memanas setelah Houthi menembakkan sekitar 21 rudal dan drone ke kapal perang AS di Laut Merah pekan ini.

“Agresi Amerika-Zionis-Inggris terhadap Yaman melancarkan beberapa serangan di ibu kota, Sanaa, Kegubernuran Hodeidah, Saada, dan Dhamar,” ujar pejabat Houthi, Abdul Qader Al Mortada, di akun media sosialnya.

John Kirby, juru bicara Keamanan Nasional, menegaskan bahwa AS tidak akan memberikan sinyal kapan operasi militer akan dilakukan.

“Kami akan melakukan apa yang harus kami lakukan untuk melawan dan mengalahkan ancaman yang terus dilancarkan Houthi terhadap pelayaran komersial di Laut Merah,” tambah Kirby.

Baca Juga:Bali Geser London di Travellers Choice TripAdvisor 2024 ! Keren Gini IndonesiaSesar Aktif Mengintai Sumedang Mudah-Mudahan Tidak Senasib dengan Palu

Eskalasi konflik ini menjadi sorotan internasional setelah Houthi meningkatkan serangan terhadap Israel, mengincar kapal-kapal komersial terkait negara Zionis yang melintasi Laut Merah.

Houthi menyebut serangan ini sebagai bentuk pembelaan terhadap Palestina yang terus digempur secara brutal oleh Israel.

Konflik berkecamuk ini menandai eskalasi baru dalam perang Hamas vs Israel sejak 7 Oktober lalu.

Dunia menantikan bagaimana dinamika geopolitik akan berkembang di tengah gempuran AS dan Inggris di Yaman dan ketegangan di kawasan Timur Tengah.

0 Komentar