Prakiraan Cuaca Kabupaten Sumedang: Hujan Berpotensi Turun Selama Sepekan!

Prakiraan Cuaca Kabupaten Sumedang: Hujan Berpotensi Turun Selama Sepekan!
Prakiraan Cuaca Kabupaten Sumedang: Hujan Berpotensi Turun Selama Sepekan! (ist/ilustrasi/pin)
0 Komentar

sumedangekspresBadan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis prakiraan cuaca untuk Kabupaten Sumedang selama periode 15-22 Januari 2024. Menurut BMKG, sejumlah daerah di Jawa Barat masih berpotensi mengalami hujan dengan intensitas ringan hingga sedang.

Forecaster Stasiun Koordinator NDF dan MEWS Provinsi Jawa Barat, Perdana Reynaldy Augus Usior, menjelaskan bahwa dalam sepekan ke depan, terdapat beberapa faktor yang akan mempengaruhi pembentukan awan dan potensi hujan di sebagian wilayah Jawa Barat.

Salah satu penyebab potensi hujan tersebut adalah suhu muka laut di sekitar perairan Indonesia yang relatif hangat. Hal ini mengindikasikan masih adanya potensi penambahan uap air ke wilayah Indonesia, termasuk Jawa Barat.

Baca Juga:Kabupaten Sumedang Memperkaya Pengalaman Melalui Civil Service Exchange ProgramMemilih Camilan Sehat untuk Meningkatkan Kualitas Tidur Malam Hari

Masyarakat di Kabupaten Sumedang diminta untuk tetap waspada terhadap potensi bencana hidrometeorologis atau dampak cuaca ekstrem yang mungkin terjadi.

Waspada terhadap terjadinya cuaca ekstrem berupa hujan sedang hingga lebat yang disertai dengan kilat atau petir dan juga angin kencang pada sore hari.

Terutama pada hari yang terjadi pemanasan kuat antara pukul 10.00 hingga 14.00 WIB, umumnya ditandai dengan jenis awan yang berwarna gelap, dan menjulang tinggi seperti kembang kol dan terkadang memiliki landasan pada puncaknya (Awan jenis Cumulonimbus).

BMKG terus memantau perkembangan cuaca dan memberikan informasi terkini kepada publik untuk memastikan keselamatan dan kesiapsiagaan masyarakat menghadapi kondisi cuaca yang mungkin berubah-ubah selama pekan ini.***

Demikian merupakan artikel mengenai Prakiraan Cuaca Kabupaten Sumedang: Hujan Berpotensi Turun Selama Sepekan!

0 Komentar