Penguatan Kerjasama dan Pembelajaran Melalui Civil Service Exchange Program di Sumedang

Penguatan Kerjasama dan Pembelajaran Melalui Civil Service Exchange Program di Sumedang
Penguatan Kerjasama dan Pembelajaran Melalui Civil Service Exchange Program di Sumedang (ist)
0 Komentar

sumedangekspres – Penguatan Kerjasama dan Pembelajaran Melalui Civil Service Exchange Program di Sumedang.

Pada Kamis, 25 Januari 2024, Hj Tuti Ruswati, Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang, dengan penuh kehormatan menerima kunjungan delegasi Civil Service Exchange Program (CSEP) tahap kedua di Command Center Sumedang.

CSEP ini merupakan inisiatif dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) Republik Indonesia bekerja sama dengan Civil Service College Singapura.

Baca Juga:Kronologi Tabrakan di Kilometer 206 Tol Cisumdawu: Tiga Kendaraan TerlibatSlogan Cerdik untuk Kesehatan Dari Dinkes Sumedang

Menurut Tuti, kunjungan delegasi CSEP tahap kedua dari BKN RI dan Civil Service College Singapura bertujuan untuk mengeksplorasi transformasi digital di Sumedang.

“Selain itu, mereka juga tertarik untuk memahami praktik terbaik berbagai aplikasi yang telah diimplementasikan di Sumedang, khususnya dalam percepatan pelayanan publik,” ungkap Tuti.

Tuti menyampaikan rasa terhormatnya karena Sumedang dipilih sebagai tempat belajar.

“Saya menyambut baik kunjungan ini, dengan harapan bahwa Sumedang tidak hanya menjadi tempat belajar, tetapi juga menjadi platform untuk memperkuat ikatan persahabatan, kerjasama, kolaborasi, dan sinergi guna meningkatkan kualitas tata kelola dan pelayanan publik yang lebih baik,” tambahnya.

Setelah kunjungan di Command Center, delegasi CSEP tahap kedua bersama rombongan BKN diajak ke Gedung Negara, di mana mereka disuguhi pertunjukan musik magis Tarawangsa dan ikut serta dalam tarian tradisional.

“Selain membahas tentang transformasi digital, kami juga mendiskusikan tata kelola manajemen Aparatur Sipil Negara (ASN),” papar Tuti.

Pembahasan melibatkan berbagai aspek, mulai dari sistem merit, manajemen talenta, hingga topik lainnya.

“Masih banyak pekerjaan rumah yang harus kami akselerasi, dan kami berharap wawasan dari Singapura dapat memberikan inspirasi untuk terus mempercepat perubahan,” sambungnya.

Baca Juga:Makin Gak Jelas Aja, Siswa SMP Cabuli Anak TK di Pinggir KaliMau Jajan ke Kantin, Siswa SMP Ini Malah Ditikam Kakak Kelas

Selain itu, dibahas juga mengenai tenaga kerja di Kabupaten Sumedang, yang ternyata memiliki konsep “long journey” seperti yang diterapkan di Singapura.

“Long journey merupakan sistem pengembangan sumber daya manusia di Sumedang, dan kami berkomitmen untuk melanjutkan implementasinya di masa yang akan datang,” tegas Pj Sekda Tuti.

Sementara itu, Tan Kiak Yang Mark, pemimpin delegasi dari Civil Service College Singapura, memberikan apresiasi kepada Kabupaten Sumedang yang telah meningkatkan pelayanan publik melalui transformasi digital.

0 Komentar