KTP Syarat Utama Bisa Nyoblos

TANDA PENGENAL: Camat Cimanggung H Agus Wahyudin di dampingi Kasi Pelayanan Publik Ai Toyaidah menyerahkan KTP kepada pemula siswa SMA sederajat, di kantornya, baru-baru ini.
TANDA PENGENAL: Camat Cimanggung H Agus Wahyudin di dampingi Kasi Pelayanan Publik Ai Toyaidah menyerahkan KTP kepada pemula siswa SMA sederajat, di kantornya, baru-baru ini.
0 Komentar

sumedangeskpres – CIMANGGUNG – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sumedang melalui Camat Cimanggung, Agus Wahyudin, yang didampingi oleh Kasi Pelayanan Publik, Ai Toyaidah mengatakan, warga yang sudah berusia 17 tahun wajib memiliki kartu tanda penduduk (KTP). Hal tersebut masuk ke Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) saat pemilihan.

“KTP-el menjadi salah satu persyaratan utama untuk menjadi pemilih dalam Pemilu 2024,” ujar Agus Wahyudin.

Dia menekankan pentingnya memiliki KTP-el sebagai bentuk pemenuhan hak sebagai warga negara yang berhak memilih.

Baca Juga:Jabatan Danramil Kota BergantiKapolsek Apresiasi Lepas Sambut Danramil 1001

“Tujuannya agar pemula tidak kehilangan haknya sebagai warga negara yang berhak memilih setelah memiliki KTP,” terang Agus.

Agus menegaskan urgensi inisiatif tersebut dalam mendukung partisipasi pemula dalam proses demokrasi.

Sebelumnya, pihak kecamatan telah menjadwalkan dan menghubungi 11 desa yang menjadi sasaran perekaman KTP-el. Langkah tersebut dilakukan untuk memastikan bahwa semua warga pemula dan siswa berusia 16-17 tahun telah direkam dengan baik.

Langkah tersebut disambut baik oleh masyarakat, khususnya para pemula, karena mempermudah proses perekaman.

“Dengan adanya kebijakan ini, masyarakat hanya perlu mendatangi kantor desa tanpa harus repot-repot pergi ke kantor Disdukcapil,” ujar Agus.

Agus menyebutkan bahwa sebelumnya pihak kecamatan telah menyurat dan memberikan informasi kepada pihak desa terkait rencana perekaman KTP-el.

Harapannya, menjelang Pemilu 2024, semua pemula telah memiliki KTP-el, memastikan bahwa hak pilih mereka dapat digunakan sepenuhnya.

Baca Juga:Jelang Pemilu, KPU Lakukan SimulasiHerman Targetkan RPJPD Terbaik di Jabar

“Langkah ini merupakan upaya konkret untuk meningkatkan partisipasi generasi muda dalam proses demokrasi di tingkat kecamatan,” tuturnya.(kos)

0 Komentar