3 Cara Menghindari Merkuri pada Produk Skincare

3 Cara Menghindari Merkuri pada Produk Skincare
3 Cara Menghindari Merkuri pada Produk Skincare (capture/freepik)
0 Komentar

sumedangekspres – Cara menghindari merkuri pada produk skincare yang mungkin terkandung pada skincare anda. Cek sekarang!

Merkuri ialah jenis logam berat yang berbahaya dan sebaiknya dijauhkan dari tubuh. Dengan sifat yang tergolong tahan urai dan dapar terakumulasi di dalam tubuh.

Merkuri tentunya tidak aman digunakan oleh manusia, terutama sebagai bahan campuran kosmetik yang biasanya digunakan untuk bahan pemutih karena menekan produksi melanin dan membuat kulit tampak lebih cerah tentunya dalam waktu yang sangat singkat.

Baca Juga:Tipe Kulit Apa Saja yang Tidak Cocok Dengan Niacinamide?Jangan Gunakan 5 Bahan Aktif Skincare Ini Berbarengan Dengan Retinol!

Merkuri mengandung senyawa klorida yang akan melepaskan asam klorida sehingga menyebabkan pengelupasan pada lapisan epidermis kulit.

Di Indonesia penggunaan merkuri banyak digunakan pada produk kecantikan, seperti sabun pembersih wajah, krim pelembab, dan krim siang atau malam.

Meski pemerintah sudah mengeluarkan larangan, masyarakat tetap perlu lebih hati-hati karena banyak produsen nakal yang menjual produk berbahan merkuri secara online.

Anda dapat menghindari merkuri dalam skincare dengan mengidentifikasinya dalam produk dan melakukan Tindakan pencegahan tambahan, diantaranya:

1. Baca Label Produk untuk Sinonim Merkuri

Merkuri tidak memiliki bau dan warna yang khas, satu-satunya cara untuk mengetahui apakah dalam produk yang anda gunakan terdapat kandungan merkuri atau tidak.

  • Calomel
  • Mercurous Chloride
  • Mercuric
  • Mercurio

2. Kenali produk umum yang menggunakan merkuri

Periksa salah satu dari skincare berikut ini untuk melihat apakah mengandung merkuri atau tidak:

Baca Juga:Rekomendasi 4 Skincare Bayi New Born, Yuk Simak Cara Memilihnya!Koreng Mengganggu Penampilan? Begini cara Menghilangkannya

  • Sabun kecantikan
  • Losion
  • Krim kulit, terutama anti penuaan dan krim pencerah kulit

3. Hindari produk tanpa label bahan yang tepat

Sebagian besar negara mewajibkan produk di dalam perbatasan mereka mengandung label. Dengan adanya label, dapat memastikan bahwa produk diatur dan tidak akan membahayakan konsumen.

Menggunakan merkuri dalam kadar tinggi dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius.

WHO menegaskan bahwa efek samping yang paling mungkin terjadi dari penggunaan produk skincare yang mengandung merkuri kadar tinggi adalah kerusakan ginjal, gangguan kemampuan bicara, memori, dan perilaku.

Demikian merupakan artikel pembahasan mengenai cara menghindari merkuri pada produk skincare.

0 Komentar