Hati-Hati! 5 Kandungan Body Lotion yang Harus Anda Hindari

Hati-Hati! 5 Kandungan Body Lotion yang Harus Anda Hindari
Hati-Hati! 5 Kandungan Body Lotion yang Harus Anda Hindari (capture/freepik)
0 Komentar

sumedangekspres – Hati-hati terhadap kandungan body lotion yang harus anda hindari di produk yang sedang anda gunakan.

Hand atau body Lotion ialah sediaan kosmetik pelembab kulit yang termasuk dalam golongan emolien (pelembut) dan memiliki beberapa sifat yaitu sebagai sumber lembab bagi kulit, membuat tangan dan badan menjadi lembut, tetapi tidak berminyak dan mudah dioleskan pada kulit (Wasitaatmadja, 1997).

Sebagian besar orang menjadikan penggunaan body lotion menjadi rutinitas yang penting.

Baca Juga:5 Bunga yang Kaya akan Manfaat untuk Kesehatan Kulit5 Manfaat Air Mawar untuk Kecantikan dan Cara Membuatnya

Cara kerja body lotion yakni dengan kandungan minyak didalamnya akan berinteraksi dengan protein khusus yang membuat kulit terasa halus.

Dan dengan kandungan bahan zat oklusif yang membentuk perlindungan guna mencegah hilangnya air dari kulit.

Zat oklusif sendiri sering digunakan untuk terus menjaga kulit tetap lembab, dan juga biasanya digunakan dalam berbagai produk pelembab kulit baik itu untuk wajah ataupun seluruh tubuh.

Dikutip dari laman resmi website hello sehat, dengan kandungan yang baik digunakan di body lotion, namun ada juga beberapa kandungan yang harus anda hindari, diantaranya:

1. Diethyl phthalate

Diethyl phthalate dikenal sebagai racun bagi sistem endokrin dalam tubuh.

Dengan adanya kandungan tersebut dapat memancarkan VOC (volatile organic compounds), alias senyawa organik yang mudah menguap dan mudah mencemari udara.

Akibatnya, ini bisa membuat Anda rentan terkena alergi dan asma.

2. BHA (Butylated Hydroxyanisole)

BHA berfungsi sebagai pengawet, penstabil, antioksidan, dan sumber wewangian pada berbagai produk kosmetik. Dengan kandungan tersebut dapat menganggu system endokrin dan jika terlalu lama terpapar bisa memicu resiko kanker kulit.

3. DMD hydantoin

DMD hydantoin adalah sejenis pengawet yang mengandung formaldehid (formalin) dan banyak digunakan pada produk kosmetik seperti cat kuku, lem bulu mata, gel rambut, sabun, dan sebagainya.

Baca Juga:6 Urutan Skincare Pria yang Benar, Kamu Wajib Tahu!3 Cara Menghindari Merkuri pada Produk Skincare

Tentunya hal tersebut bisa memicu reaksi alergi pada kulit dan kanker.

4. Triethanolamine

Menurut Dermatology Review, kandungan triethanolamine dapat mengiritasi kulit dan meracuni sistem kekebalan tubuh pada hewan percobaan.

5. Paraben

Zat ini digunakan untuk mencegah tumbuhnya jamur dan bakteri dalam botol pelembab Anda. Hal ini tentunya bagus, sayangnya, zat ini juga dihubungkan dengan disrupsi hormon dan kanker payudara.

0 Komentar