Hati-Hati! Deretan Bahan Berbahaya yang Terkandung Didalam Lipstik Harus Anda Hindari

Hati-Hati! Deretan Bahan Berbahaya yang Terkandung Didalam Lipstik Harus Anda Hindari
lipstik (capture/pixabay)
0 Komentar

sumedangekspres – Bahan berbahaya yang terkandung didalam lipstik yang harus anda hindari, bahan apa saja sih? Yuk simak selengkapnya!

Lipstik adalah jenis kosmetik yang sangat popular pada wanita dan digunakan hampir oleh semua wanita setiap harinya.

Lipstik adalah kosmetik paling murah dan paling populer di dunia dengan 21 persen wanita menggunakannya setiap hari dan 78 persen pada acara tertentu.

Baca Juga:Sunscreen Aman Digunakan Pada Umur Berapa Sih? Simak Selengkapnya!Risiko dan Manfaat Minum Kopi Campur Susu untuk Kesehatan

Lipstik dirancang untuk memperbaiki penampilan alami bibir dengan menimbulkan perubahan warna, meningkatkan kilau, dan tentunya untuk menghaluskan garis keriput juga lipatan pada bibir.

Sedikit membahas sejarah dari lipstick yang diketahui paling awal digunakan adalah di Mesopotamia 5000 tahun yang lalu dimana permata berharga dan semi mulia digiling dan diaplikasikan pada bibir dan juga pada kelopak mata.

Di Mesir Kuno, banyak penduduk menggunakan kosmetik baik untuk menambah kecantikan dan melindungi diri dari matahari serta angin gurun.

Pada masa tersebut lipstik dibuat dari rumput laut, yodium, dan bromine mannite, serta mulai mengekstrak kumbang dan semut untuk mendapatkan warna merah tua.

Jenis-jenis lipstik pun berkembang dengan pesatnya, dan lipstik dapat digolongkan sebagai pelembab, satin and sheer, matte, cream, pearl and frosted, gloss, long wearing dan transfer resistant lipsticks.

Adapun bahan lipstik yang umum digunakan pada pembuatannya yakni, lilin, minyak, pigmen, pengawet dan antioksidan, alkohol, dan parfum.

Tentunya selain bahan diatas yang umumnya digunakan sebagai bahan pembuatan lipstick, Adapun bahan-bahan lainnya yang ternyata berbahaya pada lipstik yang diketahui ternayat bisa mengganggu Kesehatan, diantaranya:

  1. Triklosan, merupakan senyawa kimia yang digunakan sebagai bahan untuk mencegah infeksi bakteri. Ada beberapa penelitian mengungkapkan bahwa dengan adanya bahan triklosan diketahui dapat berbahaya bagi kesehatan manusia. Dengan hasil penelitian yang menyebabkan bakteri menjadi kebal terhadap antibiotik.
  2. Logam berat, yang biasanya terkandung dalam lipstik yakni alumunium, titanium, tembaga, dan nikel. Namun anda haru berhati-hati dengan logam berat timbal yang terkadang ada dalam kandungan lipstik. Karena dengan adanya kandungan timbal maka akan menyebabkan gangguan Kesehatan terhadap sistem saraf dan organ tubuh, dan juga berpotensi memicu kanker.
  3. Ftalat, Phthalates atau ftalat merupakan bahan kimia yang digunakan pada pembuatan plastik, deterjen, dan lem. Kandungan ftalat semestinya tidak ada dalam lipstik sebab dapat membahayakan Kesehatan dengan resiko memicu iritasi pada tubuh.
0 Komentar