Asal-Usul Sejarah Kerajaan Tarumanegara, Kerajaan Tarumanegara Ini Ternyata Berbahasa

Asal-Usul Sejarah Kerajaan Tarumanegara, Kerajaan Tarumanegara Ini Ternyata Berbahasa
Asal-Usul Sejarah Kerajaan Tarumanegara, Kerajaan Tarumanegara Ini Ternyata Berbahasa (fotoby:sampoernaacademy.sch.id)
0 Komentar

Masa Kejayaan Tarumanegara

Kerajaan Tarumanegara ini tercapai pada masa pemerintahan Purnawarman yang sering dikenal karena cerdas dan berwibawa.

Pada tahun 397 masehi Purnawarman melakukan pembangunan ibu kota kerajaan pada sekitaran pantai yang akan jadi cikal bakal Sunda.

Menurut Prasasti Tugu Raja Purnawarman ini sukses melakukan penanganan banjir dengan membuat sungai Candrabaga sepanjang 12 kilometer.

Baca Juga:Sejarah Kerajaan Sriwijaya, yang Menyerang Kerajaan Tarumanegara Siapa nih yang Menang?Asal-Usul Sejarah Kerajaan Sunda Cikal Bakal Kerajaan Pajajaran

Tidak hanya itu beliau juga memberikan seribu ekor sapi. Dalam kepemimpinannya ia berhasil menguasai 48 kerajaan daerah.

Wilayah kekuasaanya ini meliputi Jawa Barat mulai dari Banten, Jakarta, Bogor, dan Cirebon. Kerajaan Tarumanegara ini sudah melakukan hubungan diplomatik dengan resmi dengan China.

Keruntuhan Kerajaan Tarumanegara 

Kerajaan Tarumanegara ini runtuh pada abad ke 7 masehi yang dimana pada masa kepemimpinan Raja Linggawarman dalam kurun 3 tahun berkuasa.

Maka tata secara otomatis menurun kepada menantunya Tarusbawa, faktor yang diduga menjadi penyebab runtuhnya Kerajaan Tarumanegara dibawah ini.

Serangan Kerajaan Sriwijaya

Nah menurut Prasasti Kota Kapur Kerajaan Sriwijaya ini mengalami keruntuhan yang dimana pada tahun 650 masehi.

Kerajaan Sriwijaya ini di bawah kepemimpinan Dapunta Hyang Sri Jayanasa menyerang pulau Jawa.

Hal tersebut dianggap oleh Sebagian orang menjadi salah satu faktor penyebab runtuhnya kerajaan Tarumanegara dan kerajaan Ho Ling atau Kalingga pada abad ke 7.

Perpecahan

Baca Juga:Silsilah Sejarah Kerajaan Majapahit Lengkap Dengan Raja-Raja Pada MasanyaMengulas Sebuah Kisah Sejarah Gunung Tangkuban Perahu, Ternyata Gunung Tangkuban Perahu Itu Tidak Ada

Menurut naskah wangsakerta kerajaan Tarumanegara ini mengalami sebuah tragedi perpecahan disebabkan karena adanya pembagian kerajaan dari Linggawarman ke Tarusbawa, yang dimana ia ini sosok menantunya.

Hal tersebut menjadi penyebab Tarumanegara runtuh dan mengalami perpecahan menjadi dua kerajaan yaitu kerajaan Sunda dan kerajaan Galuh.

Mengatakan bahwa Linggawarman ini pada tahun 666 memberikan suatu amanat pada kerajaan kecil dibawah Tarumanegara untuk mewakilinya.

Kerajaan Galuh yang berada dekat dengan Cirebon yang dibawah kepemimpinan menantunya, Tarusbawa ini lebih memilih untuk memisahkan diri dari Tarumanegara, namun disisi lain Linggawarman ini merubah nama kerajaanya menjadi kerajaan Sunda.

Prasasti Tarumanegara dan Isinya

•Prasasti Ciaruteun berisi telapak kaki Purnawarman yang menandakan wilayah kekuasaan Trumanegara mencakup Sungai Cisadane dan Ciaruteun.•Prasasti Tugu berisi proses penggalian sungai Candrabaga dan Gomati yang berfungsi untuk mengatasi banjir.•Prasasti Jambu berisi pujian kepada Purnawarman yang dianggap sebagai Dewa Indra.•Prasasti Kebon Kopi berisi bentuk kaki gajah yang dianggap sebagai hewan tunggangan Purnawarman, gajah tersebut dinamai Airawata seperti gajah perang dewa Indra.•Prasasti Cidanghiyang berisi pujian kepada Purnawarman sebagai raja dari Tarumanegara.

0 Komentar