Ingin Gigi Kuat dan Sehat? Konsumsi 5 Jenis Makanan Ini!

Ingin Gigi Kuat dan Sehat? Konsumsi 5 Jenis Makanan Ini!
Ingin Gigi Kuat dan Sehat? Konsumsi 5 Jenis Makanan Ini! (capture/freepik)
0 Komentar

sumedangekspres – Gigi yang sehat adalah impian banyak orang. Sebab, ada banyak sekali gangguan pada gigi yang bisa terjadi jika bagian tubuh ini tidak dirawat.

Untuk mendapatkan gigi yang sehat tentunya setiap orang perlu melakukan perawatan dari luar dan dalam.

Perawatan gigi dari luar seperti rajin menggosok gigi atau berkumur dengan cairan penyegar mulut. Sedangkan untuk perawatan dari dalam anda bisa mengkonsumsi makanan sehat bisa membuat gigi menjadi sehat.

Baca Juga:Skincare Korea VS Skincare Jepang, Mana yang Lebih Unggul?Diet Atlantik yang Dinilai Dapat Menurunkan Kolesterol dan Berat Badan, Apa yang Dikonsumsi ?

Ada beberapa jenis makanan yang ternyata malah memicu kerusakan gigi, yakni anda harus menjauhi makanan dan minuman yang memiliki rasa manis karena bisa menyebabkan gigi berlubang. 

Adapun kandungan nutrisi yang baik untuk Kesehatan gigi dan mulut yakni, kalsium, fosfor, fluoride, vitamin A, vitamin D, dan juga vitamin C.

Dilansir dari laman resmi website halodoc, ada baiknya anda mengkonsumsi makanan ini diantaranya:

  1. Kacang-kacangan dan biji-bijian, dengan adanya kandungan sumber protein nabati dan mengandung mikronutrien seperti fosfor, magnesium, kalium, seng, dan kalsium. Utamanya anda harus banyak mengkonsumsi makanan yang kaya akan kalsium. Karena kalsium terkenal dengan manfaatnya untuk menguatkan tulang dan gigi.
  2. Buah dan Sayur, jenis makanan ini dapat membuat gigi menjadi sehat. Beberapa jenisnya yakni apel, wortel, dan juga seledri. Ketiga makanan ini bisa memperbanyak air liur sehingga mulut terasa segar dan juga bersih.
  3. Produk Susu, kaya akan kandungan kalsium dan juga fosfat yang membantu menjaga pH dalam mulut tetap normal. Selain itu juga terdapat kalsium yang bisa membuat gigi menjadi lebih kuat. Jenisnya seperti keju dan juga susu.
  4. Teh, memiliki kandungan zat senyawa kompleks yang disebut dengan catechin dan polyphenol yang dapat menjaga Kesehatan dan kekuatan gigi.
  5. Beragam jenis ikan, dengan kandungan vitamin D alangkah baiknya jika anda menyantap ikan yang kandungan lemaknya tinggi antara lain bandeng, tuna, tenggiri, sarden dan juga salmon.

Adapun beberapa jenis makanan atau minuman yang beresiko menganggu Kesehatan gigi dan mulut diantaranya:

  • Makanan atau minuman yang terlalu keras, seperti es batu, kerupuk, dan cangkang kepiting.
  • Makanan bertekstur lengket, misalnya dodol, permen, ataupun olahan sagu.
  • Makanan dan minuman dengan cita rasa yang terlalu manis ataupun yang terlalu asam.
  • Minuman berwarna misalnya kopi, teh, dan juga soda.
0 Komentar