Sejarah Danau Toba, Danau Vulkanik Terbesar di Dunia, Ceritanya Menarik Banget dan Banyak Ilmu Didalamnya

Sejarah Danau Toba, Danau Vulkanik Terbesar di Dunia, Ceritanya Menarik Banget dan Banyak Ilmu Didalamnya
Sejarah Danau Toba, Danau Vulkanik Terbesar di Dunia, Ceritanya Menarik Banget dan Banyak Ilmu Didalamnya(foto by : liburdulu.com)
0 Komentar

sumedangekspres – Sejarah Danau Toba, Danau Vulkanik Terbesar di Dunia, Ceritanya Menarik Banget dan Banyak Ilmu Didalamnya, Halo kawan-kawan Indonesia ini merupakan negara yang mempunyai beragam keindahan alam ya tidak hanya banyak kekayaan rempah-rempah.

Sejarah Danau Toba Danau Vulkanik Terbesar di Dunia

Salah satu keajaiban alam yang menjadi daya Tarik wisatawan merupakan Danau Toba.

Danau Toba ini merupakan sebuah destinasi pariwisata memiliki pemandangan yang cantik dan pesonanya itu bikin betah.

Baca Juga:PDIP Memimpin Real Count Pemilu DPRD Kabupaten Kota Sumedang 1, Persaingan Ketat Saling Susul Perolehan SuaraGolongan Karya Memimpin Real Count Pemilu DPRD Kabupaten Kota Sumedang 6 TANJUNGSARI, SUKASARI, PAMULIHAN

Danau Toba  ini menyimpan sejarah yang sangat menarik karena memiliki beberapa kisah cerita terbentuknya Danau Toba yaitu secara geologis dan legenda.

Nah di bawah ini akan kami beri penjelasan sejarah terbentuknya Danau Toba.

Terbentuknya Danau Toba Secara Geologis

Danau Toba letaknya itu berada di tengah Provinsi Sumatera Utara. Danau ini awalnya ini ternyata merupakan kawah vulkanik, terjadi karena hasil letusan supervulkan dari Gunung Toba yang sangat dahsyat berkekuatan Vulcanic Exploition Index (VEI)8 sekitar 74.000 tahun yang lalu kurang lebih.

Pada saat terjadinya erupsi gunung api purba Toba melontarkan sebanyak 2.800 km kubik material vulkanik dan abunya menyebar hingga sejauh 9.000 km.

Letusan supervulkan ini telah menyebabkan suatu kepunahan masal bagi makhluk hidup yang ada di bumi ini.

Dengan terjadinya abu vulkanik untuk menyebar ke seluruh dunia seperti Selatan Afrika dan India yang mengubah iklim dan menurunkan suhu bumi.

Danau Toba dengan memiliki ukuran yang Panjang 100 kilometer dan lebar 30 kilometer serta terdalamnya sampai mencapai lebih dari 505 meter untuk menjadikan Danau Toba sebagai sebuah danau vulkanik terbesar di dunia dan danau terbesar di Indonesia.

Terbentuknya Danau Toba Dengan Secara Legenda

Baca Juga:Sejarah Cut Meutia, Pahlawan Perempuan Ahli Strategi PerangSejarah Asal Usul Instagram, Ternyata Instagram Ini Aplikasi Gabungan

Tidak hanya terbentuk secara geologis ya Danau Toba untuk mempunya legenda berdasarkan cerita dari masyarakat lokal.

Dengan legenda ini yaitu turunya dapat dipercayai oleh masyarakat Batak, Suku yang mendiami daerah sekitar Danau Toba.

Menurut legendanya Danau Toba ini menceritakan seorang pemuda yang memiliki nama Toba yang bekerja sebagai petani dan pemancing ikan di sungai

Pada saat itu Toba lagi memancing untuk mendapatkan seekor ikan emas dengan berukuran besar.

0 Komentar