Bahaya Menggigit Kuku yang Harus Anda Diwaspadai!

Bahaya Menggigit Kuku yang Harus Anda Diwaspadai!
Bahaya Menggigit Kuku yang Harus Anda Diwaspadai!
0 Komentar

sumedangekspres – Tak sedikit orang yang punya kebiasaan menggigiti kukunya sendiri. Entah itu anak-anak sampai dewasa, kebiasaan ini kadang sulit untuk dihentikan.

Akan tetapi, ternyata terdapat bahaya yang tersembunyi akibat sering menggigit kuku. Padahal, ada dampak yang tidak baik untuk kesehatan jika menggigit kuku terus dilakukan.

Tidak hanya menurunkan rasa percaya diri, menggigiti kuku ternyata juga berdampak pada kesehatan, berikut beberapa di antaranya:

1. Peradangan pada kuku

Baca Juga:Resmi Menjabat Sebagai Menteri ATR, AHY Minta Prioritaskan Pembaruan Agraria dan Tata RuangKepala BPBD Kabupaten Sumedang: Bukan Tornado, Itu Murni Angin Puting Beliung!

Menggigit kuku dapat menyebabkan peradangan pada area sekitar kuku. Hal ini dapat mengakibatkan kemerahan, pembengkakan, bahkan rasa nyeri yang tidak menyenangkan.

2. Infeksi

Kebiasaan menggigit kuku juga meningkatkan risiko infeksi.

    Bakteri dan kuman dapat dengan mudah masuk ke dalam luka kecil di sekitar kuku, menyebabkan infeksi yang dapat berkembang menjadi serius jika tidak diobati dengan tepat.

3. Pertumbuhan kuku yang tidak normal

Aktivitas menggigit kuku secara terus-menerus dapat mengganggu pertumbuhan normal kuku. Kuku yang rusak akibat menggigit dapat tumbuh tidak merata atau bahkan melengkung.

4. Kutil periungual

Menggigit kuku juga meningkatkan risiko terkena kutil periungual, yaitu kutil yang tumbuh di sekitar atau di bawah kuku. Kutil ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan bahkan dapat sulit untuk dihilangkan.

5. Herpetic whitlow

Kebiasaan menggigit kuku juga dapat meningkatkan risiko terkena herpetic whitlow, yaitu infeksi virus herpes pada jari-jari atau area sekitar kuku. Infeksi ini dapat menyebabkan pembengkakan, nyeri, dan bahkan luka yang parah.

6. Gangguan kesehatan gigi dan mulut

Aktivitas menggigit kuku juga dapat memberikan tekanan berlebih pada gigi dan gusi, yang pada akhirnya dapat menyebabkan masalah gigi seperti retak atau aus, serta masalah pada gusi seperti peradangan dan kerusakan jaringan.

 

Menggigit kuku mungkin terlihat seperti kebiasaan yang sepele, namun dampaknya pada kesehatan dapat sangat serius.

Baca Juga:Deretan Kandungan Skincare yang Ternyata Ampuh untuk Samarkan Mata PandaDeretan Makanan Ini Ternyata Bikin Anda Kenyang Tahan Lama!

Oleh karena itu, penting untuk mencoba menghentikan kebiasaan ini dan mencari bantuan jika diperlukan.

Menjaga kesehatan kuku dan mulut merupakan langkah penting dalam menjaga kesehatan secara keseluruhan.

0 Komentar