Tornado di Rancaekek dan Jatinangor Sudah Diramalkan Tahun Lalu

Tornado di Rancaekek dan Jatinangor Sudah Diramalkan Tahun Lalu
Tornado di Rancaekek dan Jatinangor Sudah Diramalkan Tahun Lalu (ist/tangkapan layar)
0 Komentar

sumedangekspres – Bencana angin Tornado di Rancaekek dan Jatinangor ternyata sudah diramalkan pada tahun 2023 yang lalu.

Fakta prediksi bencana Tornado itu disampaikan oleh seorang Pakar Klimatologi Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Erna Yulihastin pada akun X miliknya.

Pada postingan X milik Erna Yulihastin, dia menyebutkan bahwa bencana Tornado di Rancaekek dan Jatinangor itu sudah diprediksi satu tahun lalu, tepatnya pada 21 Februari 2023.

Baca Juga:Kalo 6 Ciri-ciri ini Ada Padanya, Fix Dia Jodoh Kamu!Jawab Kuis ini Untuk Mengetahui Jodoh Kamu di Masa Depan

Erna menerangkan Ramalan Kamajaya yang menyebutkan Tornado Rancaekek itu sebagai extreme event pertama di Indonesia.

Data yang dihimpun dari Kepala BMKG Bandung, Teguh Rahayu, Angin Tornado yang terjadi di Rancaekek dan Jatinangor itu memiliki kecepatan angin 36,8km/jam dan memiliki radius 3 sampai 5km.

Erna Yulihastin yang merupakan salah satu periset dari BRIN menyebutkan beredarnya foto dan video di media sosial sangat membantu proses risetnya.

“Kronologi foto-foto dan video dari masyarakat dan media sangat membantu periset dalam mendokumentasikan extreme event yang tercatat sebagai tornado pertama ini,” imbuhnya.

Erna juga menyebutkan alasan kenapa bencana di Rancaekek dan Jatinangor kemarin bukan puting beliung melaikan angin Tornado.

Perbedaan Angin Puting Beliung dan Angin Tornado

Meskipun terlihat mirip dan banyak yang menyangka kedua bencana ini adalah suatu hal yang sama, beberapa fakta di bawah ini akan memberikan penerangan akan perbedaan dari keduanya.

1. Kecepatan yang Berbeda

Pada kecepatan angin puting beliung dan angin Tornado memiliki kecepatan yang cukup jauh, yang mana angin puting beliung memiliki kecepatan rata-rata 56km/jam.

Sedangkan angin Tornado memiliki kecepatan 70km/jam.

Baca Juga:Siapa Jodoh Saya? Terawang Wajah dan Sikap Jodoh Kamu di Sini!Chinese Merapat! Ini Link Jodoh Kristen Chinese Khusus Bagi Keturunan Tionghoa

Dari video yang beredar saja bisa kita rasakan kengerian dari kecepatan bencana ini yang menerbangkan puing-puing dengan begitu cepatnya.

 

2. Skala dan Efek Kerusakan yang Berbeda

Skala pada angin Tornado juga lebih luas dari angin puting beliung.

Angin Tornado meiliki radius yang lebih luas dan juga lebih tinggi dari angin puting beliung.

 

3. Durasi yang Berbeda

Angin puting beliung biasanya terjadi sekitar 5-10 menit saja.

Meskipun ada juga kasus unik dalam bencana angin puting beliung yang terjadi selama 20 menit di Cimenyan pada tahun 2021 yang lalu.

0 Komentar