Mengenal Sejarah Situs Lingga di Kuningan Sagarahiang

Mengenal Sejarah Situs Lingga di Kuningan Sagarahiang
(doc.br14n 1m4g3s)Mengenal Sejarah Situs Lingga di Kuningan Sagarahiang
0 Komentar

sumedangekspres – Mengenal Sejarah Situs Lingga di Kuningan Sagarahiang, Desa sagarahiang ini adalah desa tertua di Kuningan dikisarkan usianya 642 tahun.

Oh iya mengenai nama Sagarahiang ini berasal dari kata “sagara” dan “hiang” sagara merupakan lautan dan hiang ini merupakan dewa atau hal yang gaib.

Mengenal Sejarah Situs Lingga di Kuningan Sagarahiang

Nah Sagarahiang ini merupakan lautan para dewa. Dari penamaan desa itu diambil dari sejarah situs Sanghiang dan Lingga yang menjadi suatu tempat para dewa ada 48 situs yang berada di sekitar Desa Sagarahiang, nah salah satunya yaitu situs lingga.

Baca Juga:Misteri Hilang Kontak Firli Bahuri, Emang Boleh Se Hilang Kontak Itu?Jurusan Kuliah yang Gampang Dapat Kerja Setelah Lulus, Setelah Lulus Gausah Ngantri Ngelamar Kerja

Mengenai sejarah Situs Lingga ini telah berdiri di 2000 tahun yang lalu sebelum masehi dan sebelum kerajaan Taruma Negara berdiri jaya Bupati “Raden Purba Lingga” yang dimana ia sosok tokoh pimpinan perhitungan waktu dan bulan sebelum ada perhitungan paparancaka lalu dibuktikan dengan adanya suatu hamparan batu di Lingga di blok Lingga.

Pada zaman itu juga para raja tatar Pasundan sampai di Pulau Jawa dan berkumpul di Situs Lingga dan menanyakan waktu, hari, bulan dan tahun yang bisa dilihat di serat batu Lingga dengan panggilan “Cacandaran Tahun Pahu atau Cacandaran Surya”.

Situs lingga berada di suatu kawasan Gunung Ciremai di ketinggian 1130 Mdpl.

Berbagai sumber mengatakan bahwa umur dari Situs Lingga ini telah mencapai 4.000 tahun, dan ada juga yang mengatakan sejak zaman megalitikum juga sudah ada.

Tapi pada perkiraan situs Lingga ini memiliki fungsi yaitu untuk menentukan waktu baik hari, bulan atau tahun.

Kenapa begitu? nah bisa dibilang karena bisa terlihat dari susunan batu yang tegak berdiri yang dijadikan sebagai acuan waktu.

Namun dugaan ini berdasarkan penemuan serat Batu Lingga. Di publikasi dari Balai Taman Nasional Gunung Ciremai atau TNGC.

Baca Juga:Konglomerat Haji Isam, Dulunya Pernah Jadi Tukang Ojek Jadwal Film di Bioskop Sumedang XXI, Jadwal Film 28 Februari 2024

Juru kunci Situs Lingga Sagarahiang ini mengatakan perkiraan umur situs ini 100 hingga 1500 tahun sebelum masehi.

Batuan vulkanik ini menjadi suatu bagian dari stuktur Situs Lingga itu sendiri, namun sekarang batu-batu itu telah berlumut.

Kalian bisa lihat secara kasat mata, akan melihat beberapa kemiripan mulai dari struktur yang digunakan di Gunung Padang dengan Situs Lingga.

0 Komentar