Dr Aqua Dwipayana: Komunikasi yang Baik adalah Pondasi Utama dari Keberhasilan Operasional Solidaritas

Dr Aqua Dwipayana: Komunikasi yang Baik adalah Pondasi Utama dari Keberhasilan Operasional dan Upaya Mengemban
Dr Aqua Dwipayana: Komunikasi yang Baik adalah Pondasi Utama dari Keberhasilan Operasional dan Upaya Mengembangkan Solidaritas di Antara Prajurit
0 Komentar

Dalam kepemimpinan komunikatif, ungkap Dr Aqua Dwipayana, pimpinan atau komandan harus mampu menyampaikan pesan mereka dengan jelas, singkat, dan mudah dimengerti oleh semua anggota. Bahasa yang sederhana dan jelas membantu menghindari kebingungan dan kesalahpahaman.

Pemimpin tegas Dr Aqua Dwipayana, harus konsisten dalam komunikasi mereka dan memastikan bahwa pesan yang disampaikan selaras dengan nilai-nilai dan tujuan organisasi. Mereka juga harus memperhatikan situasi dan konteks dalam komunikasi mereka agar sesuai dan tepat waktu.

“Pemimpin yang komunikatif memberdayakan prajurit di bawah komandonya dengan memberikan tanggung jawab dan wewenang yang sesuai. Mereka memberi arahan yang jelas dan dukungan yang dibutuhkan untuk memungkinkan prajurit mengambil inisiatif dan bertindak secara mandiri,” tutur Dr Aqua Dwipayana.

Baca Juga:Waduh, Jangan Langsung Cuci Muka Setelah Seharian Beraktivitas di Luar Ruangan! Apa Akibatnya?Sederet Fakta Menarik Pesta Prewedding Putra Miliuner India yang Mengundang Rihanna!

Lebih jauh ditegaskan pria yang hobi membaca ini bahwa kepemimpinan yang efektif menerima umpan balik dari prajurit mereka dengan sikap terbuka dan positif. Mereka menggunakan umpan balik tersebut untuk meningkatkan kinerja mereka dan melakukan perbaikan yang diperlukan. Pemimpin komunikatif menjadi contoh yang baik bagi prajurit mereka dalam hal komunikasi yang efektif, etika kerja, dan dedikasi terhadap tugas-tugas militer.

“Dengan menerapkan pola kepemimpinan komunikatif ini, pemimpin dapat membangun hubungan yang kuat dengan prajurit mereka dan memastikan bahwa komunikasi yang efektif mendukung keberhasilan dalam pelaksanaan tugas-tugas militer,” ujar Dr Aqua Dwipayana.

Perjalanan Darat dan Udara

Dari Kota Sampit di Provinsi Kalimantan Tengah, Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana efektifkan waktu untuk kemudian menuju ke Kota Medan, Sumatera Utara. Hal itu dilakukan dalam rangkaian Safari Silaturahim serta Sharing Komunikasi dan Motivasi.

Kehadiran doktor Komunikasi lulusan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran itu di Kota Medan guna memenuhi undangan Panglima Kodam I/Bukit Barisan Mayjen TNI Mochammad Hasan. Ia mengundang Dr Aqua Dwipayana untuk memberikan Sharing Komunikasi dan Motivasi pada acara Rapat Pimpinan di Medan, Sumatera Utara, Selasa (5/3/2024) yang dihadiri 107 orang.

Pada Senin siang (4/3/2024) motivator kawakan tersebut seusai sharing di Direktorat Kepolisian Air dan Udara (Ditpolairud) Polda Kalimantan Tengah di Sampit, melakukan perjalanan darat sekitar 10 jam ke Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

0 Komentar