Cara Membuat Lagu Ciptaan Sendiri yang Enak Didengar dan Bermakna Dalam

Cara Membuat Lagu Ciptaan Sendiri yang Enak Didengar dan Bermakna Dalam
Cara Membuat Lagu Ciptaan Sendiri yang Enak Didengar dan Bermakna Dalam (ist/freepik)
0 Komentar

Untuk mendapatkan paduan lirik dan nada, lakukan langkah ke 5 dan 6 di atas.

 

8. Sambungkan Bait dan Chorus Lagu Kamu

Jika kamu sudah mempunyai bait dan perpaduan suara, kamu bisa membuat sebuah transisi di antara keduanya agar menyambung dan mengalir secara alami.

Kamu mungkin perlu menaikan atau menurunkan nada melodi bait, atau bisa juga dengan mengubah baris terakhir supaya bagian Chorus menjadi lancar.

Baca Juga:Membangun Masyarakat Sumedang yang Literat: Visi Literasi Sumedang 2030Ada Salah Satu Umat Islam yang Puasa Tanggal 10 Maret? Ini Dia Alasannya

Pada melodi paduan suara ini umumnya harus lebih emosional, maka dari itu akan terasa lebih dapat ‘feel’-nya ketika kamu menaikan rentang nada tersebut.

 

9. Buat Bait Kedua dan Bridge Kedua

Kembali lagi pada tahap sebelumnya, kamu bisa memilih salah satu pertanyaan lainnya di atas untuk dijawab pada bait kedua.

Untuk membuat liriknya gunakan langkah ke 7. 

Chorus kedua memiliki nada yang sama dengan Chorus pertama. Namun untuk masalah liriknya, kamu bisa membuat lirik versi Chorus kedua atau bisa juga menggunakan lirik pada Chorus pertama.

Jika sudah selesai, maka lagu kamu sebentar lagi rampung dan hanya perlu menambahkan bagian Bridge saja.

Untuk membuat Bridge yang baik, kamu perlu menambahkan emosi yang lebih besar dari Chorus.

Kamu bisa mencobanya dengan membuat dua atau pun tiga baris lirik yang akan memberikan pemahaman terbaik kepada pendengar tentang pesan, situasi atau pun perasaan yang dirasakan oleh penyanyi tersebut.

Melodi pada bagian Bridge harus berbeda dari bagian Bait dan juga Chorus.

Baca Juga:Awal Puasa Ramadhan 2024 Tanggal 10, 11 atau 12 Maret? Simak di SiniModerasi Beragama "Penguatan Moderasi Beragama Menciptakan Beragama yang Damai dan Toleran"

Meskipun bagian Bridge ini tidak wajib, namun kamu juga tahu bahwa bagian Bridge mampu memberikan kekuatan yang besar kepada sebuah lagu.

 

10. Rekam lagu

Piano/vokal atau gitar/vokal sederhana sering kali bisa menjadi pernyataan emosional yang paling efektif untuk lagu. Jika Anda menulis lagu Rock, lakukan versi “unplugged”. 

Latih bagian instrumental dan vokal sampai merasa nyaman dengannya.

Semakin sedikit Anda harus fokus saat bermain atau bernyanyi, semakin Anda bisa melepaskan dan merasakan emosi dalam lagu tersebut.

Cobalah menyanyikannya seolah-olah Anda sedang berbicara kepada seseorang. Rekam untuk waktu yang singkat lalu istirahat. Jagalah agar lagu dan emosinya tetap Fresh!

0 Komentar