Inspirasi Kue Lebaran Lezat dan Gurih: Resep Kue Kacang Polong yang Memikat Hati

Inspirasi Kue Lebaran Lezat dan Gurih: Resep Kue Kacang Polong yang Memikat Hati
Inspirasi Kue Lebaran Lezat dan Gurih: Resep Kue Kacang Polong yang Memikat Hati (foto : cookpad.com)
0 Komentar

sumedangekspres – Inspirasi Kue Lebaran Lezat dan Gurih: Resep Kue Kacang Polong yang Memikat Hati

Kue kacang polong adalah salah satu camilan tradisional yang sangat disukai di Indonesia. Kelezatannya yang gurih dan teksturnya yang renyah membuatnya menjadi favorit di berbagai acara, mulai dari arisan hingga perayaan keluarga. 

Mari kita jelajahi lebih dalam tentang resep kue kacang polong yang menggoda, sehingga Anda pun dapat membuatnya di rumah dengan mudah.

Baca Juga:Resep Cireng Isi Suir Ayam: Camilan Gurih dengan Sentuhan Khas IndonesiaMenggoda dengan Manisnya Singkong Gula Aren: Resep dan Kelezatan Tradisional

Kue kacang polong merupakan salah satu hidangan khas Indonesia yang telah ada sejak zaman dahulu. Di beberapa daerah, kue ini juga dikenal dengan sebutan “kue kacang tanah”. 

Biasanya, kue kacang polong disajikan sebagai camilan di berbagai acara, seperti perayaan Hari Raya Idul Fitri atau acara formal lainnya. Rasa gurih dan renyahnya membuatnya sulit untuk dilewatkan.

Berikut adalah resep sederhana untuk membuat kue kacang polong yang lezat di rumah:

Bahan-bahan:

1. 250 gram kacang polong (kacang tanah) tanpa kulit

2. 150 gram tepung terigu

3. 100 gram gula pasir

4. 100 gram margarin atau mentega

5. 1 butir telur

6. ½ sendok teh vanili (opsional)

7. Garam secukupnya

Cara membuat:

1. Panggang Kacang Polong: Panggang kacang polong dalam oven atau panggangan dengan suhu rendah hingga matang dan harum. Pastikan untuk sesekali mengaduk agar kacang matang merata. Setelah matang, angkat dan biarkan hingga dingin.

2. Haluskan Kacang Polong: Setelah dingin, haluskan kacang polong dengan menggunakan food processor atau blender hingga menjadi tepung halus. Sisihkan.

3. Campur Bahan Kering: Campur tepung terigu, gula pasir, vanili (jika digunakan), dan sedikit garam dalam sebuah mangkuk besar. Aduk rata.

4. Tambahkan Margarin dan Telur: Masukkan margarin atau mentega yang telah dilelehkan ke dalam campuran tepung. Kemudian tambahkan telur ke dalam adonan. Aduk hingga semua bahan tercampur dengan baik dan membentuk adonan yang kalis.

Baca Juga:Berburu Kuliner Takjil di Pulau Bali: Meriahnya Tradisi Berbuka PuasaBuka Puasa Lezat dengan Biji Salak: Resep dan Cerita di Baliknya

5. Tambahkan Kacang Polong: Masukkan kacang polong yang telah dihaluskan ke dalam adonan. Aduk hingga kacang tercampur merata dalam adonan.

6. Bentuk Adonan: Ambil sedikit adonan dan bentuk bulat-bulat kecil. Letakkan di atas loyang yang telah dialasi dengan kertas baking.

0 Komentar