Berburu Kuliner Takjil di Pulau Bali: Meriahnya Tradisi Berbuka Puasa

Berburu Kuliner Takjil di Pulau Bali: Meriahnya Tradisi Berbuka Puasa
Berburu Kuliner Takjil di Pulau Bali: Meriahnya Tradisi Berbuka Puasa(foto : denpasarkota.go.id)
0 Komentar

sumedangekspres – Berburu Kuliner Takjil di Pulau Bali: Meriahnya Tradisi Berbuka Puasa

Bali merupakan salah satu daerah di Indonesia yang masyarakat Muslimnya menjadi minirotas. Walau menjadi penduduk yang minoritas ternyata Bali adalah salah satu daerah yang menjunjung tinggi toleransi.

Bali, sebuah pulau yang terkenal dengan keindahan alamnya, juga memiliki kekayaan kuliner yang menggoda. Salah satu tradisi yang tak kalah menarik adalah berburu takjil saat bulan Ramadan tiba.

Baca Juga:Buka Puasa Lezat dengan Biji Salak: Resep dan Cerita di BaliknyaResep dan Manfaat Salad Buah untuk Buka Puasa, Takjil Pilihan yang Menyehatkan

Walaupun menjadi daerah yang memiliki penduduk Muslim yang minoritas, namun di Bali juga cukup banyak tempat berjualan takjil untuk berbuka puasa. Untuk kalian yang sedang berpuasa tidak perlu khawatir untuk mencari cemilan untuk berbuka puasa.

Di tengah keeksotisan pulau Dewata ini, takjil menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat Bali. Mari kita telusuri keunikan dan kelezatan takjil untuk berbuka puasa di Bali.

1. Kolak Pisang

Kolak pisang menjadi salah satu takjil favorit di Bali. Paduan pisang yang manis dengan kuah santan yang gurih dan aroma rempah, membuatnya menjadi hidangan yang sangat menggugah selera. 

Biasanya, kolak pisang disajikan dengan potongan pisang yang matang sempurna dan kuah santan yang kental, dilengkapi dengan taburan biji salak atau kacang tanah sebagai pelengkap.

2. Es Buah Segar

Di tengah udara tropis Bali yang panas, es buah segar menjadi pilihan yang sangat pas untuk berbuka puasa. Campuran berbagai potongan buah segar seperti semangka, melon, nanas, dan anggur, disajikan dengan sirup manis dan es serut. 

Es buah segar tidak hanya menyegarkan, tetapi juga kaya akan vitamin dan nutrisi, membuatnya menjadi takjil yang sehat dan lezat.

3. Jaja Bali

Jaja Bali merupakan jajanan khas Bali yang tidak boleh dilewatkan saat bulan Ramadan tiba. Terbuat dari bahan-bahan tradisional seperti ketan, kelapa parut, gula merah, dan santan, jaja Bali memiliki rasa yang khas dan tekstur yang kenyal. 

Baca Juga:Yayasan Putera Bhakti Sumedang Ajak Pemuda Jadi VolunteerPuluhan Pemuda Ikuti Kajian Islam YPB Sumedang di Asia Plaza

Ada berbagai jenis jaja Bali yang bisa dinikmati, seperti jaja laklak, jaja klepon, dan jaja uli, yang semuanya memiliki cita rasa yang menggugah selera.

0 Komentar