Demi Mudik Lancar, PLN UP3 Sumedang Pastikan Suplai Listrik Bandara Kertajati Aman Dan Andal

PLN (Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan) UP3 Sumedang menerima kunjungan dari Executive General Manager PT Ang
PLN UP3 Sumedang menerima kunjungan dari Executive General Manager PT Angkasa Pura II Bandara Internasional Kertajati
0 Komentar

sumedangekspres – Kota –  Jumat lalu (15/03/2023) PLN (Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan) UP3 Sumedang menerima kunjungan dari Executive General Manager PT Angkasa Pura II Bandara Internasional Kerajati, Nuril Huda beserta jajaran Manajemen dan staf PT Angkasa Pura II.

Bandara Internasional Kerajati diresmikan pada 24 Mei 2018 silam, saat ini telah beroperasi penuh sejak 29 Oktober 2023 lalu untuk menggantikan peran Bandara Husein Sastranegara Bandung. Melayani 7 penerbangan domestik dengan rute Balikpapan, Banjarmasin, Batam, Denpasar, Makasar, Medan dan Palembang serta 2 layanan penerbangan internasional rute Kuala Lumpur serta Arab Saudi.

Merupakan bandara terluas kedua kedua di Indonesia setelah bandara Soekarno – Hatta, dengan luas lahan 1.800 hektare dengan kapasitas terminal 5,6 juta penumpang per tahun. Mempunyai waktu tempuh 1 jam dari Bandung dan 2 jam dari Jakarta, diharapkan Bandara Internasional Kerajati menjadi pilihan penumpang domestik maupun internasional dalam melakukan perjalanan.

Baca Juga:Filosofi Sambal Menurut Ustad Adi Hidayat, Sebagai Cara Memahami HidupApakah Kita Boleh Merubah Bentuk Fisik? Ini Kata Ustad Adi Hidayat

Menjelang Hari Raya Idul Fitri, diperkirakan volume penumpang akan meningkat, hal ini tentunya menuntut kesiapsiagaan yang tinggi di segala infrastruktur termasuk ketersediaan tenaga listrik. Agenda tersebut yang menjadi maksud kunjungan Manajemen PT Angkasa Pura ke PLN UP3 Sumedang.

Dari Bandung, General Manager Unit Induk Distribusi Jawa Barat Susiana Mutia menuturkan bahwa PT PLN (Persero) pastikan suplai listrik akan aman.

“Prioritas kami untuk memastikan penyaluran tenaga listrik selama bulan Ramadhan sampai dengan Idul Fitri tetap aman dan andal, sehingga masyarakat akan tenang dalam menjalankan ibadahnya” ucap Susi.

“Terutama untuk fasilitas umum seperti bandara, tentunya kami punya SOP khusus untuk penanganannya, baik dari infrastruktur, SDM bahkan sistem komunikasinya. Agar setiap kendala yang mungkin terjadi akan bisa diantisipasi atau kalaupun sudah terjadi akan diselesaikan secepatnya” tambah Susi.

Ditemui di kantornya, Manager PLN UP3 Sumedang Eko Hadi Pranoto menyatakan bahwa sistem kelistrikan Bandara Internasional Kerajati mempunyai konfigurasi khusus.

“Suplai untuk Bandara Kertajati ini, dipasok dari tiga sumber listrik atau kami sebut penyulang. Dengan skema tersebut, Bandara Kerajati masuk kategori Pelanggan VVIP” ujar Eko.

“Untuk mendukung pelayanan ketenagalistrikan Bandara Kertajati, sudah ditunjuk PIC khusus juga diberlakukan sistem monitoring serta koordinasi berkala, baik dalam internal kami maupun dengan pihak Bandara, hal ini kami lakukan untuk menutup celah sekecil apapun yang dapat mengganggu keberlangsungan penyaluran tenaga listrik” Eko menambahkan penuturannya.

0 Komentar