Viral Di TikTok Lagu Ai Doel Sumbang, Lengkap dengan Artinya

Viral Di TikTok Lagu Ai Doel Sumbang, Lengkap dengan Artinya
Viral Di TikTok Lagu Ai Doel Sumbang, Lengkap dengan Artinya (@SPROSULEPRODUCTIONS)
0 Komentar

sumedangekspres – Viral Di TikTok Lagu Ai – Doel Sumbang, Lengkap dengan Artinya, Musik tak pernah lekang oleh waktu.

Begitu pula dengan lagu-lagu klasik yang tetap menghiasi telinga para pendengarnya meskipun telah berusia puluhan tahun.

Salah satu contohnya adalah lagu “Ai” yang dipopulerkan oleh musisi berdarah Sunda, Doel Sumbang, pada tahun 1993. 

Baca Juga:Lagu Ai Doel Sumbang: Legenda Pop Sunda yang Membuat SejarahResep Tumis Daun Pepaya: Pedas, Gurih, dan Nikmat

Meskipun sudah berlalu lebih dari tiga dekade, lagu ini kembali mencuri perhatian khalayak, terutama di platform media sosial TikTok.

Penggalan lirik yang paling mencuri perhatian adalah, “Kabedil ku jangjawokan, kapanah ku kinasihan,” yang menjadi viral di TikTok.

Meski demikian, makna dari lagu ini tak bisa dianggap sepele. 

Lirik-lirik dalam lagu “Ai” sebenarnya mengisahkan tentang perasaan cinta seorang pria bernama Asep terhadap seorang perempuan bernama Ai.

Mari kita bahas lirik lagu “Ai” dan artinya agar lebih memahami kedalaman dari lagu klasik ini.

Lagu Ai  Doel Sumbang, Lengkap dengan Artinya 

Lirik Lagu “Ai” dan Artinya:

Arék mungkir, euweuh alesan keur mungkirMau menghindar, tidak ada alasan untuk menghindarAsép endag ku AiAsep tergerak karena AiHésé bohong, rumasa teu bisa bohongSusah bohong, merasa tidak bisa bohongAsép oléng ku AiAsep goyah karena Ai

Baca Juga:Jannes Kilon Diaz Viral Ngaku-Ngaku Sebagai "Nabi" di Medsos: Tanggapan Netizen Gimana?Resep Sarden Goreng Crispy: Bikin Anak Makin Lapar!

Dalam lirik ini, tergambar betapa Asep tergerak dan goyah oleh perasaannya pada Ai. Ia merasa sulit untuk berbohong karena merasa bahwa kebohongan tak bisa menyembunyikan perasaannya yang sebenarnya.

Ayeuna Asép siga nu kabedil ku jangjawokanSekarang Asep seperti ditembak oleh mantraKapanah ku kinasihan, lieur ku AiTerpanah mantra kinasih, pusing karena AiKabedil ku jangjawokanDitembak oleh mantraKapanah ku kinasihan, gélo ku AiTerpanah mantra kinasih, gila karena Ai

Bagian ini menggambarkan bagaimana perasaan Asep begitu mendalam hingga ia merasa seakan-akan disihir oleh cinta. Ia terpanah oleh mantra cinta sehingga terasa pusing dan gila akibatnya.

Samar rasa, samar polah (sama rasa, samar polah)Perasaan tidak menentu, salah tingkahTeu bisa dipapalérkeun (teu bisa dipapalérkeun)Tidak bisa dijelaskanTeu bisa dibébénjokeun (teu bisa dibébénjokeun)Tidak bisa dialihkanNu aya dina lamunan beurang-peuting ukur AiYang ada dalam lamunan siang dan malam hanya Ai

0 Komentar