Hindari Bencana Saat Mudik, Pohon Rawan Tumbang Ditebang

LAKUKAN PENEBANGAN: Beberapa petugas BPBD Kabupaten Sumedang saat melakukan penebangan pohon di wilayah Cadas
LAKUKAN PENEBANGAN: Beberapa petugas BPBD Kabupaten Sumedang saat melakukan penebangan pohon di wilayah Cadas Pangeran, baru-baru ini.
0 Komentar

sumedangekspres, KOTA – BPBD Kabupaten Sumedang, TNI, Polri, PMI, Perhutani dan DLHK, melakukan penebangan pohon-pohon yang berpotensi tumbang, di jalur Cadas Pangeran, Selasa (26/3/2024). Hal tersbeut dilakukan dalam upaya mencegah bencana pohon tumbang, yang dapat menyebabkan kecelakaan lalu lintas ataupun menghambat mobilitas warga.

Penebangan pohon juga dilakukan sebagai salah satu persiapan jelang arus mudik lebaran. Seperti disampaikan Kepala Pelaksanaan BPBD Kabupaten Sumedang, Atang Sutarno.

“Kami melakukan pembersihan pohon-pohon yang dianggap rawan tumbang. Kami juga memantau tebing-tebing yang dianggap rawan longsor,” kata Atang kepada awak media.

Baca Juga:Dony Sowan ke Kyai dan Pontren se-Sumedang, Safari Politik?Perusahaan Otobus Siap Hadapi Lonjakan Penumpang

Sebelumnya, lanjut dia, juga dilakukan assessment lokasi yang rawan pohon tumbang. Sedangkan dari hasil assessment, ada 44 pohon yang akan ditebang.

“Kami lakukan assessment dan eksekusi. Semua komponen bersama-sama membersihkan jalur jalan Bandung-Sumedang atau sebaliknya,” ujar Atang.

Disebutkan, pohon yang rawan tumbang dan berpotensi membahayakan pengguna jalan di antaranya karena usianya yang sudah tua, dan ranting pohon yang menjuntai ke jalan.

Dia pun menargetkan dalam dua hari bisa selesai, kalau tidak pun terus dilanjutkan sampai dirasa aman.

“Hal itu agar warga dalam menghadapi mudik ini merasa aman, nyaman, terlindungi,” tuturnya. (bim)

0 Komentar