Perselisihan Pemuda Diselesaikan dengan Damai

DAMAI: Kepala Desa Sayang Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang Dodi Kurnaedi saat menyaksikan pertemuan ked
DAMAI: Kepala Desa Sayang Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang Dodi Kurnaedi saat menyaksikan pertemuan kedua belah pihak yang sebelumnya berselisih paham.
0 Komentar

sumedangekspres, JATINANGOR – Pasca terjadinya perselisihan antara pemuda warga Dusun Dangdeur Kulon RW 01 Desa Sayang Kecamatan Jatinangor dengan pemuda Gang Samyah Desa Bojongloa Rancaekek Bandung, anggota Polsek Jatinangor mengambil langkah tegas. Mereka melakukan sambang silaturahmi Kamtibmas di Kantor Pemerintah Desa Sayang Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat, baru-baru ini.

Kapolsek Jatinangor, Kompol Rogers Thomas SH, menyatakan anggotanya telah melaksanakan sambang silaturahmi Kamtibmas untuk mencegah kejadian susulan pasca perselisihan kemarin. 

“Upaya ini diharapkan dapat meredakan ketegangan dan mencegah terjadinya konflik lebih lanjut,” terangnya.

Baca Juga:Bantuan Dana Parpol Tembus Rp 1,2 MiliarSMPN 3 Sumedang Bentuk Karakter Siswa

Proses penanganan kasus perselisihan tersebut tengah diurus oleh Unit Reskrim Polsek Jatinangor dan Unit Reskrim Polsek Rancaekek. Hal tersebut menunjukkan komitmen polisi dalam menegakkan hukum dan menyelesaikan masalah dengan cara yang sesuai dengan prosedur yang berlaku.

Sementara itu Kepala Desa Sayang Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang Dodi Kurnaedi membenarkan kejadian tersebut dan kedua belah pihak saat ini sudah melakukan islah dan tidak akan menuntut satu sama lainnya.

“Untuk kerugian materil sudah ada kesepakatan dan segera diselesaikan secara kekeluargaan,” terangnya.

Ia juga mengimbau kepada masyarakat, khususnya para pemuda, untuk menahan diri dan tidak mudah terprovokasi. Masyarakat diminta untuk mempercayakan penanganan perkara kepada aparat kepolisian dan proses hukum yang berlaku jika terjadi permasalahan.

Selain itu, masyarakat juga diimbau untuk tidak melakukan gerakan susulan yang dapat memperumit situasi dan menambah kompleksitas permasalahan. 

“Langkah-langkah pencegahan ini diambil untuk menjaga ketertiban dan kedamaian di wilayah Desa Sayang,” tuturnya.

Polsek Jatinangor juga terus berkoordinasi dengan Pemerintah Desa dalam upaya menciptakan kondisi Kamtibmas yang kondusif. Hal tersebut menunjukkan komitmen bersama antara aparat kepolisian dan pemerintah daerah dalam menjaga keamanan dan ketertiban di masyarakat.

Baca Juga:Rumah Lansia Ludes Terbakar, Kerugian Mencapai Ratusan JutaRealisasikan Dana Desa dengan Pembangunan Jalan

“Dengan melakukan langkah-langkah preventif dan koordinasi dengan berbagai pihak terkait, diharapkan masalah dapat diselesaikan secara efektif dan efisien dan kejadian serupa tidak kembali terulang,” tutur Dodi. (kos)

0 Komentar