Realisasikan Dana Desa dengan Pembangunan Jalan

ANTUSIAS: Warga saat melakukan pembangunan infrastruktur jalan gang Desa Cimanggung dari program dana desa yan
ANTUSIAS: Warga saat melakukan pembangunan infrastruktur jalan gang Desa Cimanggung dari program dana desa yang sudah mulai direalisasikan.
0 Komentar

sumedangekspres, CIMANGGUNG – Pemerintah Desa Cimanggung, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, telah meluncurkan Program Dana Desa (DD) untuk mendukung program-program pembangunan sesuai RPJMDes dan RKPBDes. 

“Tahap pertama dari program ini telah dijalankan, fokus pada pembangunan infrastruktur, terutama pemeliharaan jalan gang di setiap RW yang ada di 24 RW. Anggaran sebesar Rp 125 juta dari DD telah dialokasikan untuk pembangunan ini, dengan setiap RW mendapatkan alokasi sebesar Rp 5 juta,” ujar Kepala Desa Cimanggung, Jajang R Jaelani.

Jajang menjelaskan, program DD telah diimplementasikan dengan sukses, salah satunya adalah pengerjaan beton jalan gang. Selama masa jabatannya, ia berkomitmen untuk terus mendorong pembangunan dan meningkatkan pelayanan kepada warga dengan memprioritaskan hasil musyawarah dalam setiap keputusan pembangunan.

Baca Juga:Hindari Bencana Saat Mudik, Pohon Rawan Tumbang DitebangDony Sowan ke Kyai dan Pontren se-Sumedang, Safari Politik?

Pemerintah Desa Cimanggung juga menegaskan, mereka telah mematuhi juklak dan juknis pemerintah dalam menyalurkan program-program DD. Pihaknya menekankan pentingnya transparansi dan akuntabilitas dalam penggunaan dan penyaluran dana tersebut.

“Kami siap untuk dipantau oleh kontrol sosial dari berbagai pihak, termasuk media, LSM dan warga masyarakat desa sendiri,” kata Jajang.

Selain pembangunan infrastruktur, Pemerintah Desa Cimanggung juga berkomitmen untuk mengimplementasikan program-program lain yang sesuai dengan kebutuhan dan aspirasi masyarakat setempat.

“Dalam upaya meningkatkan efisiensi dan efektivitas penggunaan DD, pemerintah desa secara berkala melakukan evaluasi dan pemantauan terhadap pelaksanaan program-program yang telah diselenggarakan,” ungkapnya. 

Pemerintah desa juga membuka ruang untuk masukan dan saran dari masyarakat guna perbaikan dan peningkatan kualitas layanan yang diberikan.

Dengan adanya Program Dana Desa, diharapkan Desa Cimanggung dapat mengalami perkembangan yang signifikan dalam berbagai aspek kehidupan masyarakatnya, termasuk peningkatan aksesibilitas terhadap sarana dan prasarana yang memadai. 

“Kami optimis dengan kerjasama dan partisipasi semua pihak, visi pembangunan desa yang berkelanjutan dan berdaya saing dapat tercapai,” tuturnya.

Baca Juga:Perusahaan Otobus Siap Hadapi Lonjakan PenumpangBPKP Evaluasi Penyediaan TIK

Pemerintah Desa Cimanggung juga mengajak seluruh masyarakat desa untuk terus mendukung dan berperan aktif dalam setiap program pembangunan yang dilaksanakan. 

Melalui implementasi Program Dana Desa ini, Pemerintah Desa Cimanggung juga berharap dapat memperkuat sinergi antara pemerintah, masyarakat dan berbagai pihak terkait lainnya. 

0 Komentar