SMP IT Insan Sejahtera Bangun Karakter Positif di Ramadan

ANTUSIS: Wakasek Bid Kesiswaan, Azmi Abdul Latif Bersama para siswa SMP IT Insan Sejahtera Sumedang, sebelum k
ANTUSIAS: Wakasek Bid Kesiswaan, Azmi Abdul Latif Bersama para siswa SMP IT Insan Sejahtera Sumedang, sebelum kegiatan Fashion Show di arena lapang olahraga kampus Yayasan Insan Sejahtera Sumedang, kemarin.
0 Komentar

sumedangekspres, KOTA – SMP IT Insan Sejahtera Sumedang mengisi bulan Ramadan dengan menggelar kegiatan pesantren kilat. Kegiatan bertema Serukan Ramadan untuk Insan Sejahtera one point 0 (Seruni 1.0), dimulai pada 14 Maret dan berakhir 2 April 2024. 

Kepala SMP IT Insan Sejahtera, Khodijah Mustaqimah SE MSi., melalui Wakasek Bid Kesiswaan, Azmi Abdul Latip menuturkan, kegiatan dimulai dengan pembukaan dan sosialisasi kepada siswa.

“Di Minggu ini kita fokus dengan kegiatan  lomba-lomba acara Ramadan, seperti Lomba Adzan, Lomba MTQ, Lomba MHQ, Lomba Dakwah , Lomba Kaligrafi, Lomba Fashion Show dan lomba lainya yang bisa meningkatkan kreativitas para siswa di SMP IT Insan Sejahtera,” ucap Azmi.

Baca Juga:Dongkrak Penghasilan dengan Memelihara KambingJelang Lebaran, Pasar Hewan Diprediksi Ramai

Azmi mengatakan, harapannya dengan menyerukan Ramadan, nuansa Ramadan bisa lebih Islami. Anak-anak bisa lebih lebih menyenangkan dalam menjalani kegiatan ramadan.

“Karena kita juga harus mensyiarkan kegiatan Ramadan ini dimanapun dan kapanpun,” ujarnya.

Azmi menjelaskan,  untuk kegiatan harian selama Ramadan, pertama untuk Senin Rabu dan Jum’at pagi diawali dengan pembiasaan Sholat Duha, kemudian dilanjut dzikir pagi Almaturot. 

“Kedua untuk Selasa dan Kamisnya setiap paginya ada kegiatan mentoring Ramadan, yang dipandu langsung oleh  mentor-mentor terbaik dari guru-guru SMP IT Insan Sejahtera,” ujarnya.

Selanjutnya kata Azmi, ada kegiatan Tahfiz, Tahsin Qiroatinya untuk tetap menjalankan menghidupkan kegiatan Alquran.

“Dari jam 10.00 sampai 12.00 ada yang mulai Projek Arabic. Di Minggu kedua ada Projek best on Quran dengan output hasilnya itu adalah short movie,” ucapnya.

Kemudian, lanjut Azmi, kegiatan terakhir sebelum pulang, sekolah menggelar kajian Kultum Ramadan Insan Sejahtera (Kurma manis) yang diisi para ustad dari SMP IT Insan Sejahtera, dengan tema bermacam-macam.

Baca Juga:Sukajaya Realisasikan DD Tahap I pada InfrastrukturTarlingkur Ajang Silaturahmi dengan Warga

“Lalu diakhiri dengan kegiatan tilawah sampai jam 01.00 untuk memaksimalkan bulan Alqurannya. Khusus di hari Kamis ada kegiatan tambahan yang lain, seperti ngaji online Insan Sejahtera  kemudian kegiatan parade tasmi,” ucapnya.

Pihak sekolah berharap dengan mengacu kepada pedoman sekolah Islam Terpadu dan surat Al-Baqarah yang mana tujuan dari puasa, yakni meningkatkan keimanan dan melahirkan nilai-nilai taqwa.

0 Komentar