Link Streaming Sidang Sengketa Pilpres 2024: Kehadiran 4 Menteri di MK

Link Streaming Sidang Sengketa Pilpres 2024: Kehadiran 4 Menteri di MK
Link Streaming Sidang Sengketa Pilpres 2024: Kehadiran 4 Menteri di MK (ist/jpnn)
0 Komentar

sumedangekspres – Link Streaming Sidang Sengketa Pilpres 2024: Kehadiran 4 Menteri di MK.

Sidang sengketa Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 akan dilanjutkan hari ini, Jumat (5/4/2024), dengan kehadiran empat menteri dari kabinet Presiden Joko Widodo di Mahkamah Konstitusi (MK).

Keempat menteri tersebut adalah Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Sosial Tri Rismaharini, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, dan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy.

Baca Juga:Sikap Hormat Denny Sumargo terhadap Sandra Dewi dan KeluargaInfo Terbaru Kasus Korupsi PT Timah Harvey Moeis Suami Sandra Dewi: Tersangka, Kronologi, dan Dampaknya

MK juga akan menghadirkan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) dalam sidang tersebut.

“Sesuai yang telah disepakati dan diungkapkan dalam persidangan sebelumnya bahwa besok adalah agenda persidangan untuk mendengar keterangan-keterangan dari para menteri yang sudah kita jadwalkan, termasuk dari DKPP (Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu),” ujar Ketua MK Suhartoyo di ruang sidang MK pada Kamis (4/4/2024).

Sidang sengketa Pilpres 2024 dapat disaksikan secara langsung melalui link streaming yang tersedia.

MK telah mengirimkan surat resmi kepada keempat menteri tersebut, dan Suhartoyo menegaskan bahwa semua pihak terkait harus hadir di ruang sidang.

Meskipun demikian, hanya Majelis Hakim yang berhak bertanya dan memperdalam keterangan saksi.

“Oleh karena itu, seluruh pihak pemohon 1, pemohon 2, pihak terkait, termohon, dan pihak Bawaslu harus tetap hadir untuk mendengarkan apa yang akan diperdalam oleh para hakim,” tambahnya.

Suhartoyo juga menegaskan agar seluruh pihak tidak mengajukan pertanyaan kepada menteri yang hadir dalam sidang.

Baca Juga:Usai Harvey Moeis Ditahan, Raffi Ahmad Dicurigai Tampung Uang Korupsi Triliunan, Raffi : Salah Aku Apa sih?Sandra Dewi Tiba di Kejagung: Tinjauan Kasus Korupsi Timah

Dalam sidang sengketa Pilpres 2024, kedua pasangan calon presiden dan calon wakil presiden, yaitu Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud, meminta agar pasangan Prabowo-Gibran didiskualifikasi karena dianggap tidak memenuhi syarat administrasi sebagai calon wakil presiden.

Gibran dinilai tidak memenuhi syarat karena proses pencalonannya oleh KPU RI menggunakan Peraturan KPU (PKPU) Nomor 19 Tahun 2023.

DKPP juga telah menyatakan bahwa seluruh komisioner KPU RI melanggar etika dan menyebabkan ketidakpastian hukum.

Link Streaming Sidang Sengketa Pilpres 2024

Dalam konteks sidang sengketa Pilpres 2024 yang menarik perhatian publik secara luas, Mahkamah Konstitusi (MK) menghadirkan keempat menteri kabinet Presiden Joko Widodo sebagai saksi.

Namun, bagi masyarakat yang ingin mengikuti perkembangan sidang secara langsung, MK menyediakan link streaming resmi yang memungkinkan akses langsung ke ruang sidang.

0 Komentar