Peringatan BMKG, Hujan Lebat Mengancam Saat Masa Mudik Lebaran 2024

Peringatan BMKG, Hujan Lebat Mengancam Saat Masa Mudik Lebaran 2024
Peringatan BMKG, Hujan Lebat Mengancam Saat Masa Mudik Lebaran 2024 (sumber foto: tangkapan layar/youtube/info bmkg)
0 Komentar

sumedangekspres – Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Dwikorita Karnawati, telah mengeluarkan peringatan serius mengenai potensi hujan lebat yang dapat terjadi selama masa mudik Lebaran, terutama pada rentang tanggal 4 hingga 11 April 2024.

Peringatan ini menjadi sorotan penting bagi masyarakat yang merencanakan perjalanan pulang kampung, mengingat adanya potensi cuaca buruk yang bisa mengganggu perjalanan.

Menurut Dwikorita, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai dengan kilat, petir, dan angin kencang diperkirakan akan melanda sebagian wilayah Indonesia.

Baca Juga:KCIC Tambah Perjalanan Kereta Cepat Whoosh untuk Angkutan Lebaran 2024Waspada! Alasan Penting untuk Mencuci Baju Baru Sebelum Digunakan

Penyebab utama dari potensi hujan tersebut adalah fenomena yang dikenal sebagai Madden Julian Oscillation (MJO), di mana kumpulan awan hujan mulai bergerak melintasi kepulauan Indonesia.

Tak hanya MJO, Dwikorita juga menyoroti fenomena lain yang dapat mempengaruhi kondisi cuaca, yaitu gelombang atmosfer seperti gelombang Kelvin dan Rossby Ekuator.

Dua fenomena ini juga berperan penting dalam pembentukan awan-awan hujan di wilayah Kepulauan Indonesia.

Peringatan dari BMKG ini seharusnya menjadi perhatian serius bagi semua pihak, terutama bagi mereka yang akan melakukan perjalanan jauh selama masa mudik Lebaran.

Kesiapan dalam menghadapi potensi cuaca buruk, seperti hujan lebat, dapat membantu mengurangi risiko kecelakaan dan gangguan lainnya selama perjalanan.

Selain itu, penting juga bagi masyarakat untuk selalu memantau perkembangan cuaca melalui berbagai sumber informasi yang terpercaya, termasuk BMKG.

Langkah-langkah pencegahan seperti mempersiapkan perlengkapan darurat dan menunda perjalanan jika memungkinkan perlu dipertimbangkan dengan serius.

Baca Juga:Inspirasi Mix and Match, Tren Fashion OOTD Celana Cargo Perempuan HijabRahasia Membuat Ketupat Anti-Lembek dan Kenyal untuk Lebaran Idulfitri 2024, Perhatikan 3 Hal Ini

Dalam situasi ini, kerjasama antara pemerintah, BMKG, dan masyarakat sangatlah penting untuk meminimalkan dampak dari potensi cuaca ekstrem selama masa mudik Lebaran.

Dengan kewaspadaan dan persiapan yang matang, diharapkan risiko terhadap keselamatan dan kenyamanan selama perjalanan dapat diminimalkan.***

0 Komentar