Motivator Kawakan Dr Aqua Dwipayana Mendorong Aktivis Ikatan Remaja Masjid Memiliki Modal

Motivator Kawakan Dr Aqua Dwipayana Mendorong Aktivis Ikatan Remaja Masjid Memiliki Modal Keterampikan Berkomu
Motivator Kawakan Dr Aqua Dwipayana Mendorong Aktivis Ikatan Remaja Masjid Memiliki Modal Keterampikan Berkomunikasi untuk Perkuat Organisasi
0 Komentar

*Workshop Keterampilan Komunikasi*Beberapa langkah yang dapat membantu meningkatkan keterampilan komunikasi di Ikatan Remaja Masjid antara lain workshop keterampilan komunikasi. “Selenggarakan workshop keterampilan komunikasi secara berkala untuk anggota Ikatan Remaja Masjid. Workshop ini dapat meliputi berbagai aspek komunikasi, seperti public speaking, active listening, dan interpersonal communication skills,” ujar pria yang mendalami Ilmu Komunikasi secara komprehensif ini.

Selanjutnya, ucap Dr Aqua Dwipayana, melakukan sesi role-playing di mana anggota dapat berlatih berkomunikasi dalam berbagai situasi yang mungkin mereka hadapi dalam kegiatan remaja masjid. Misalnya, berlatih menyampaikan pidato, memimpin diskusi kelompok, atau menyelesaikan konflik interpersonal.

“Sediakan waktu untuk diskusi kelompok yang terstruktur tentang topik-topik yang relevan dengan kegiatan remaja masjid. Diskusi ini dapat membantu anggota mempraktikkan keterampilan mendengarkan, berbicara dengan jelas, dan menyampaikan pendapat dengan sopan,” ujar Staf Ahli Ketua Umum KONI Pusat ini.

Baca Juga:H – 2 Situasi Lalulintas Cadas Pangeran SepiPemuda Karang Taruna Sindagpalay Ikut Sukseskan Santunan Anak Yatim  

Dewan Pakar Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI) Pusat ini menyarankan dibuka kesempatan bagi anggota yang memiliki keterampilan komunikasi yang lebih baik untuk menjadi mentor bagi anggota lain yang ingin meningkatkan keterampilan mereka. Mentor dapat memberikan umpan balik konstruktif dan memberikan dukungan dalam proses belajar.

“Selenggarakan kegiatan icebreaker atau permainan yang melibatkan seluruh anggota untuk membantu memecah kekakuan awal dan membangun hubungan yang lebih dekat di antara mereka. Ini dapat menciptakan suasana yang lebih santai dan memudahkan komunikasi,” kata Dr Aqua Dwipayana.

Penulis buku super best seller trilogi The Power of Silaturahim ini juga berharap pemanfaatan media sosial sebagai sarana untuk berkomunikasi dan berbagi informasi di antara anggota Ikatan Remaja Masjid. Buat grup diskusi atau forum online di mana anggota dapat berinteraksi dan berbagi pengalaman.

Semua pengurus Ikatan Remaja Masjid Babul Ihsan kata Dr Aqua Dwipayana harus banyak bersyukur karena mendapat amanah melaksanakan aktivitas mulia mengurus organisasi itu. Manfaatnya tidak banyak buat duniawi, namun paling utama adalah untuk keperluan di akhirat kelak. 

Terkait itu, pria yang telah memotivasi jutaan orang baik di seluruh Indonesia maupun puluhan negara itu berpesan agar selalu rendah hati. Jangan pernah merasa lebih dalam segala hal dibandingkan yang lainnya.

0 Komentar