Badan Pengelola Geopark Lembah Cisaar-Jatigede Sumedang Resmi Dibentuk

Badan Pengelola Geopark Lembah Cisaar-Jatigede Sumedang Resmi Dibentuk
Badan Pengelola Geopark Lembah Cisaar-Jatigede Sumedang Resmi Dibentuk(Tuti Ruswati/instagram)
0 Komentar

sumedangekspres – Badan Pengelola Geopark Lembah Cisaar-Jatigede Sumedang Resmi Dibentuk, Pada Upacara Hari Jadi ke-446 Kabupaten Sumedang, yang digelar di Lapangan Pusat Pemerintahan Sumedang pada Rabu, 17 April, Penjabat (Plh) Pelaksana Harian (Pj) Bupati Sumedang, Tuti Ruswati, mengumumkan pembentukan Badan Pengelola Geopark Lembah Cisaar-Jatigede.

Badan Pengelola Geopark Lembah Cisaar

Langkah ini menjadi tonggak penting dalam memajukan potensi pariwisata dan ekonomi di daerah tersebut.

Dalam sambutannya, Tuti Ruswati meminta dukungan dari seluruh elemen masyarakat, termasuk kepala organisasi perangkat daerah, camat, kepala desa, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), akademisi, pengusaha, serta stakeholder lainnya.

Baca Juga:Rahasia Kulit Glowing, Manfaatkan Skincare Berikut IniIni Perbedaan Toner dan Micellar Water, Jangan Salah Pilih!

Tujuannya adalah untuk bersama-sama mengangkat Geopark Lembah Cisaar-Jatigede Sumedang agar dapat diakui oleh UNESCO, yang diharapkan akan membawa berkah bagi perekonomian lokal.

Selain pengumuman pembentukan Badan Pengelola Geopark, acara tersebut juga menjadi momentum untuk mengukuhkan para pemandu wisata Geopark Lembah Cisaar-Jatigede Sumedang.

Langkah ini secara resmi membuka kawasan wisata Geopark untuk publik, sehingga masyarakat dapat menikmati keindahan dan keunikannya.

Tuti Ruswati menjelaskan bahwa pembentukan Badan Pengelola Geopark Lembah Cisaar-Jatigede Sumedang didasari oleh Surat Keputusan (SK) Bupati Nomor 290 Tahun 2024. Struktur pengelola tersebut terdiri dari Ketua, Wakil Ketua I, dan Wakil Ketua II, yang masing-masing dijabat oleh pejabat terkait dalam pemerintahan daerah.

Fungsinya sangat penting, yakni mengoordinasikan segala kegiatan di kawasan Geopark, termasuk penataan dan pengelolaan.

Selain itu, Badan Pengelola juga bertanggung jawab atas monitoring dan evaluasi pelaksanaan kegiatan serta menyampaikan laporan secara berkala kepada Bupati.

Langkah ini menunjukkan komitmen pemerintah daerah dalam mengoptimalkan potensi wisata alam yang dimiliki, serta memastikan bahwa pengelolaannya dilakukan secara terkoordinasi dan berkelanjutan.

Baca Juga:Memilih Skincare yang Tepat untuk Kulitmu, Uji Produk di SikuMenghadapi Tantangan Kulit Berminyak, 5 Langkah Jitu Skincare untuk Kulit yang Sehat

Dengan demikian, diharapkan Geopark Lembah Cisaar-Jatigede Sumedang dapat menjadi destinasi wisata unggulan yang memberikan manfaat maksimal bagi masyarakat setempat serta menjadi kebanggaan bagi seluruh warga Sumedang.

 

0 Komentar