Pengunjung Objek Wisata Menurun

TURUN: Beberapa wisatawan saat menikmati wahana di Wana Wisata Cipanas Cileungsing, belum lama ini.
TURUN: Beberapa wisatawan saat menikmati wahana di Wana Wisata Cipanas Cileungsing, belum lama ini.
0 Komentar

sumedangekspres, KOTA – Pada momen liburan Idul Fitri 1445 H, beberapa tempat wisata di Kabupaten Sumedang mengalami penurunan pengunjung. Seperti yang terjadi di Cipanas Cileungsing.

“Momen lebaran 2024, pengunjung Cipanas Cileungsing mengalami penurunan dibandingkan tahun lalu. Namun, penurunannya belum diketahui berapa persen,” kata Pengelola Cipanas Cileungsing, belum lama ini. 

Dia menjelaskan, waktu liburan Idul Fitri 1445 yang panjang pun hanya beberapa hari yang terisi dengan pengunjung. “Puncaknya, pada H+1 dan H+2 paska Idul Fitri 1445 Hijriyah,” jelasnya.

Baca Juga:Disnakertans Tindak Lanjuti Insiden Keracunan Limbah PabrikHJS Ke-446, Tuti Sebut Sumedang Lebih Maju

Dikatakan, hal yang sama terjadi dengan beberapa tempat wisata lainnya. “Kami terus berkoordinasi dengan beberapa pengelola wisata, sama dengan disini rata-rata mengalami penurunan pengunjung,” jelasnya. 

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sumedang, Titus Diah mengatakan, adanya penurunan jumlah pengunjung, ada dua poin yang perlu diperhatikan oleh Pemerintah Daerah dan legislatif.

Pertama, dengan banyaknya tempat  wisata yang terbengkalai alias tidak produktif, maka diharapkan pemda lebih peduli.

Kedua, terkait sekarang dengan anjloknya jumlah pengunjung wisata atau pendapatan wisata, maka harus menjadi perhatian Pemerintah Kabupaten Sumedang.

“Ya, 70% di tahun 2024 angka penurunan pendapatan sektor wisata. Nah, ini PR Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang agar ada kepedulian dalam memajukan wisata,” ujarnya.

Dikatakan, saat Pak Dony Ahmad Munir menjadi Bupati Sumedang pernah menyampaikan Sumedang salah satu kota wisata.

“Sekarang, banyak obyek wisata yang ada tidak terurus dengan baik. Maka, harus menjadi catatan pemda,” ujar Titus.

Baca Juga:Dua Sejoli Kepergok Kubur Mayat Bayi, Diduga Hasil Hubungan GelapAparat Ingatkan Keamanan Pos Kamling

Dia pun berharap, dengan kehadiran Asosiasi UMKM Kabupaten Sumedang bisa kembali menggeliatkan obyek wisata.

“Sumedang kaya tempat wisata dan potensinya pun menggeliat. Ya, tinggal ada peran dari pemerintah daerah dalam meningkatkan potensi wisata ini,” ujar dia.

Dia pun mengajak semua unsur untuk mendorong pembangunan infrastukturnya, sarana prasarananya termasuk ada anggaran serta dibantu promosinya. (bim)

0 Komentar