Yudia Targetkan Tiga Prioritas di 2024

DIWAWANCARA: Bupati Sumedang Yudia Ramli saat diwawancara awak media seusai Rapat Paripurna Hari Jadi Sumedang
DIWAWANCARA: Bupati Sumedang Yudia Ramli saat diwawancara awak media seusai Rapat Paripurna Hari Jadi Sumedang ke 446, kemarin.
0 Komentar

sumedangekspres, KOTA – PJ Bupati Sumedang Yudia Ramli mengucapkan selamat Hari Jadi Kabupaten Sumedang ke-446. Harapannya, dengan Hari Jadi Sumedang ke-446 sesuai dengan jargonnya, Sumedang Sehati, yaitu Sejahtera, Agamis dan Demokratis. 

“Kabupaten Sumedang sendiri telah melakukan pencapaian yang luar biasa. Di 400 lebih kabupaten, Sumedang itu saat ini Indeks SPBE (Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik) tertinggi nasional,” katanya kepada awak media, seusai Rapat Paripurna Hari Jadi Sumedang ke 446, Senin (22/4). 

Dikatakan, pada hari pertama menjabat PJ Bupati Sumedang, dirinya telah mengunjungi Command Center.

Baca Juga:Manfaatkan Reruntuhan Jadi Sarana OlahragaSaresehan Budaya Warnai Rangkaian HJS ke-446

“Ternyata benar bahwa perumusan kebijakan itu harus tahu tentang data. Disana, data itu diproses jadi informasi. Informasi itu yang membuat kami, pemerintah beserta jajaran bisa melaksanakan target-target prioritas,” jelasnya. 

Dikatakan, jadi target tahun 2024 untuk Kabupaten Sumedang itu, pertama peningkatan SDM. Sumedang itu harus menjadi terdepan di dalam peningkatan SDM, baik SDM perangkat daerahnya maupun masyarakatnya.

“Nggak mungkin kita bisa membina dan mengayomi masyarakatnya kalau perangkatnya di Kabupaten Sumedang tidak bagus. Oleh karena itu kita akan tingkatkan SDM,” jelasnya. 

Kedua, lanjut dia, digitalisasi ekonomi. Jadi perekonomian itu harus berbasis digital. 

“Kita bisa melihat UMKM, jumlah UMKM berapa, apa jenisnya dan sebagainya sampai kepada masalah ekonomi terkait pangan,” katanya.

Kata dia, prioritas ketiga adalah peningkatan daya saing. Diakui, baru dua hari disini sudah banyak yang menelpon ingin studi banding, bahkan ada yang ingin PKL dan KKN. 

“Mereka ingin ke Sumedang. Mereka ingin replikasi dan Adobe. Kami terbuka, silahkan. Bahkan, Sumedang itu akan menghibahkan aplikasi, ga usah bayar. Mudah-mudahan jadi amal jariyah,” tegasnya. 

Baca Juga:Ketua Apdesi Apresiasi Peringatan Hari Jadi SumedangNilai Kearifan Lokal Jadi Landasan Pemerintahan

Yudia pun mengapresiasi tinggi dengan adanya Command Center. Menurutnya, dengan Command Center tersebut, pihaknya bisa memanage pemerintahan dengan alat ukur yang jelas.

“Sehingga, masyarakat Sumedang itu Insya Allah akan merasakan kehadiran pemerintah di masyarakat dalam berbagai aspek pembangunan,” tegasnya. 

Dia mengaku kagum, setelah dirinya melakukan kunjungan ke Command center, ternyata disana disebutkan adanya PSN. 

0 Komentar