Galudra Prioritaskan Ketahanan Pangan

IMBAU: Sekretaris Desa Galudra, Sandi Soleh Saepudin S Sos., saat bersama Bahabinkamtimas Desa Galudra, Aipda
IMBAU: Sekretaris Desa Galudra, Sandi Soleh Saepudin S Sos., saat bersama Bahabinkamtimas Desa Galudra, Aipda Yusuf Sajiri., seusai memberikan penjelasan terkait penerapan realisasi DD Tahaf 1 tahun 2024 di desanya, kemarin.
0 Komentar

sumedangekspres, CIMALAKA – Pemerintah Desa Galudra Kecamatan Cimalaka merealisasikan Dana Desa (DD) tahap 1 tahun 2024 pada dua kegiatan. Dua kegiatan tersebut di antaranya ternak ayam petelur dan pembangunan sarana infrastruktur yang menunjang program ketahanan pangan.

“Kegiatan pertama yaitu ternak ayam petelur dengan penambahan bibit sebanyak 500 ekor, yang dikelola lansung oleh kelompok peternak ayam petelur Desa Galudra,” kata Kepala Desa Galudra, Sumpena BA., melalui Sekretaris Desa Galudra Sandi Soleh Saepudin S Sos, kepada Sumeks, kemarin.

Sekdes mengatakan, setiap Minggu Pemerintahan Desa Galudra rutin menyalurkan telur hasil dari ternak ayam petelur kepada masyarakat yang memiliki balita stunting, lansia serta masyarakat tidak mampu.

Baca Juga:Herman Serahkan Jabatan ke Pj Bupati BaruCimalaka Prioritaskan Akses Jalan Lingkungan.

Sedangkan, untuk pembangunan infrastruktur penunjang program ketahanan pangan pertama pada pembangunan tembok penahan tanah (TPT) di wilayah RW 02, kedua  pembangunan TPT di Wilayah RT 03. Ketiga pembangunan Irigasi di wilayah RW 02 kearah RW 04. 

“Serta budidaya penanaman pohon pisang yang merupakan program dari Pemerintah Kecamatan Cimalaka,” ujarnya.

Lebih jauh Sandi mengatakan, sebagian  dari anggaran DD tahap 1 ada juga  yang dialokasikan pada program pemberdayaan, seperti penyaluran bantuan langsung tunai dari dana desa (BLT DD) yang sudah berjalan empat bulan.

“Serta pembagian Insentif kepada guru ngaji, guru Paud, dan Kader PKK,” imbuhnya Sekdes

Sekdes berharap, dengan adanya alokasi anggaran Dana Desa tahap 1 yang diprioritaskan pada program ketahanan pangan, bisa membantu masyarakat di lingkungan Desa Galudra.

“Terutama dalam penurunan angkq kemiskinan, angka stunting, dan alhamdulillah dengan adanya program ketahanan pangan masyarakat bisa terbantu,” tutup Sekdes. (ahm)

0 Komentar