Merdeka Belajar Dalam Pendidikan Islam

HARDIKNAS: Bergerak Bersama wujudkan merdeka belajar.
Istimewa, HARDIKNAS: Bergerak Bersama wujudkan merdeka belajar.
0 Komentar

sumedangekspres – Tahun 2024 ini, tema Hardiknas yang diusung adalah “Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar.” Bertepatan dengan peringatan Hari Pendidikan Nasional pada 2 Mei 2024, Kemendikbudristek juga mencanangkan bulan Mei tahun 2024 sebagai Bulan Merdeka Belajar.

Sekaitan dengan hal tersebut, mengenai pendidikan , Islam sangat mengutamakan sekali tentang merdeka belajar, karena pada dasarnya manusia itu dalam hidupmya ada di dalam kemerdekaan, bersih, suci ada dalam fitrahnya. 

 

Di mana Rasulullah menyatakan dalam satu hadits berikut yang artinya :

Dari Abu Hurairah R.A, Ia berkata: Rasulullah SAW bersabda : “Setiap anak dilahirkan dalam keadaan suci, ayah dan ibunyalah yang menjadikan Yahudi, Nasrani, atau Majusi.” (HR. Bukhori dan Muslim).

 

Baca Juga:Pemkab Sumedang Berikan Bantuan Insentif Untuk Guru dan Ustadz Pondok PesantrenTuti Ruswati Kembali Jabat Pj Sekda Sumedang

Begitu pula dalam hadits lain yang diriwayatkan oleh Addailami dengan sabda Nabi Saw sebagai berikut :

Dari Ali R.A ia berkata : Rasulullah SAW bersabda : “Didiklah anak-anak kalian dengan tiga macam perkara yaitu mencintai Nabi kalian dan keluarganya serta membaca Al-Qur’an, karena sesungguhnya orang yang menjunjung tinggi Al-Qur’an akan berada di bawah lindungan Allah, diwaktu tidak ada lindungan selain lindungan-Nya bersama para Nabi dan kekasihnya.” (H.R Ad-Dailami). 

 

Sedangkan di dalam hadits yang diriwayatkan Imam Baehaqi, mengenai pendidikan di mana kita dituntut untuk menjadi orang yang berilmu sebagaimana keterangan hadits yang disampaikan berikut ini :

Telah bersabda Rasulullah SAW :”Jadilah engkau orang yang berilmu (pandai) atau orang yang belajar, atau orang yang mendengarkan ilmu atau yang mencintai ilmu. Dan janganlah engkau menjadi orang yang kelima maka kamu akan celaka.” (H.R Baehaqi).

 

Sungguh Agama Islam itu sangat mengutamakan pendidikan, karena dengan pendidikan itu akan mendapatkan ilmu. Dengan itu pula kita akan mendapatkan ilmu untuk kebaikan, baik kebaikan di dunia maupun untuk kebaikan di akhirat kelak. Ilmu itu memberikan kebaikan dunia dan akhirat.

 

Hal tersebut dinyatakan dalam satu hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhori dan Imam Muslim berikut ini :

0 Komentar