Sinergi PMI dan Pemkab Sumedang dalam Penanggulangan Bencana

Sinergi PMI dan Pemkab Sumedang dalam Penanggulangan Bencana
Sinergi PMI dan Pemkab Sumedang dalam Penanggulangan Bencana (ist)
0 Komentar

sumedangekspres – Sinergi PMI dan Pemkab Sumedang dalam Penanggulangan Bencana.

Penjabat (Pj) Bupati Sumedang, Yudia Ramli, memberikan apresiasi yang tinggi kepada Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Sumedang atas peran mereka sebagai mitra strategis Pemerintah Kabupaten Sumedang, khususnya dalam penanggulangan bencana kemanusiaan. “Terima kasih kepada PMI dan seluruh pengurus yang telah berkontribusi besar bagi masyarakat Kabupaten Sumedang,” ucap Yudia saat menerima audiensi dari jajaran pengurus PMI Sumedang yang dipimpin oleh Ketua PMI, Agus Seksarsyah Rasjidi, di Gedung Negara pada Rabu, 15 Mei 2024.

Yudia menyampaikan penghargaan khusus kepada keluarga besar PMI atas dedikasi, kerja keras, dan kontribusi mereka melalui berbagai kegiatan sosial, termasuk sebagai fasilitator donor darah. “Ini bukan kali pertama kami bertemu dengan jajaran PMI Sumedang. Kami berharap pertemuan ini dapat semakin memperkuat sinergi dan kolaborasi antara PMI dan Pemkab Sumedang untuk mencapai tujuan bersama,” jelas Yudia.

Menurut Yudia, peran PMI sangat vital bagi Pemerintah Kabupaten Sumedang, terutama mengingat Sumedang merupakan daerah yang rawan bencana. “Dengan seringnya terjadi bencana di Sumedang, penting bagi kami untuk memastikan persiapan dan langkah antisipasi yang tepat. Sinergi dengan PMI ini mencakup penyediaan darah dan penanggulangan bencana yang lebih efektif,” tambahnya.

Baca Juga:Satpol PP Sumedang Bersama Bea Cukai Gencarkan Operasi Rokok IlegalPJ Bupati Sumedang Usulkan Penghargaan bagi Guru Berprestasi di Daerah Terpencil

Ketua PMI Sumedang, Agus Seksarsyah Rasidi, menjelaskan bahwa PMI Sumedang memiliki jaringan pendonor darah yang solid untuk menjaga ketersediaan stok darah. “Para pendonor dan relawan secara sukarela melakukan donor darah rutin demi memastikan stok darah di PMI Sumedang selalu terpenuhi,” tegas Agus.

Agus juga menambahkan bahwa dengan adanya ketersediaan stok darah yang memadai, PMI Sumedang bisa memberikan solusi cepat bagi masyarakat yang membutuhkan darah. “Pemenuhan kebutuhan darah secara tepat waktu sangat penting untuk menyelamatkan nyawa pasien, khususnya di Kabupaten Sumedang,” ujarnya.

Selain peran dalam penyediaan darah, PMI Sumedang juga aktif dalam berbagai kegiatan kemanusiaan dan penanggulangan bencana. Dalam beberapa tahun terakhir, PMI telah membuktikan perannya dalam merespons berbagai kejadian bencana alam di Sumedang, mulai dari banjir hingga tanah longsor. Kerja sama yang baik antara PMI dan Pemkab Sumedang telah memungkinkan penanganan bencana yang lebih cepat dan terkoordinasi, yang pada akhirnya mengurangi dampak negatif bagi masyarakat.

0 Komentar