Kerajinan Tangan Ciri Khas Sukabumi yang Sudah Internasional

Kerajinan Khas Sukabumi
Kerajinan Khas Sukabumi yang Sudah International
0 Komentar

sumedangekspres – Kerajinan Tangan Ciri Khas Sukabumi yang Sudah Internasional

1. Batik Lokatmala, sebuah kebanggaan dari Sukabumi, telah meraih ketenaran di berbagai penjuru dunia, termasuk Asia, Eropa, dan Amerika. Batik ini menggambarkan keindahan alam dan kehidupan masyarakat sekitarnya melalui beragam motif, di antaranya motif batik masagi.

Motif ini terinspirasi dari pepatah “Hirup mah kudu masagi”, yang mengandung makna penting tentang keseimbangan hidup. “Masagi” mengacu pada segi empat sama sisi, menandakan pentingnya keselarasan antara pengetahuan dunia dan spiritual, serta kontribusi sosial dalam masyarakat.

Batik Lokatmala tersedia dalam berbagai harga, mulai dari Rp100.000 hingga Rp1 juta. Jika Anda tertarik untuk membeli, Anda bisa mengunjungi Rumah Batik Lokatmala di Jalan Sriwidari nomor 95, Kota Sukabumi.

Baca Juga:10 Rekomendasi Oleh-oleh Makanan Khas Malang yang Wajib diCobaMacam-macam Makanan Khas Majalengka yang Orang Banyak Tidak Tahu

2. Kampung Cibiru, Desa Cicantayan, Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi, merupakan tempat di mana banyak produk kerajinan bambu diproduksi oleh warga setempat. Mulai dari lampu hias, kursi, meja, anyaman bambu, gelas, sendok, nampan, teko, dan berbagai produk lainnya.

Selain menawarkan kerajinan bambu yang unik, kampung ini juga menyuguhkan pengalaman budaya yang menarik bagi para pengunjung. Di kampung yang dikenal sebagai Kampung Egrang, pengunjung dapat menikmati permainan tradisional egrang yang dilakukan oleh anak-anak setempat. Selain itu, mereka juga dapat menikmati permainan alat musik yang terbuat dari bambu, menambahkan nuansa keaslian budaya lokal yang memikat.

3. Kerajinan dari tanduk kerbau juga menjadi daya tarik tersendiri di Sukabumi. Berbagai produk unik dapat ditemukan, mulai dari patung burung, penggaruk, mainan ikan, sisir, hingga gantungan kunci. Keahlian dalam mengolah tanduk kerbau menjadi produk bernilai seni ini menambah kekayaan budaya dan keragaman produk kerajinan di Sukabumi.(*)

0 Komentar