Ratusan Warga Desa Jatihurip Terima Bantuan Beras

SALURKAN: Staf Pemerintahan Desa Jatihurip Enang Santoni bersama rekannya saat memberikan bantuan beras kepada
SALURKAN: Staf Pemerintahan Desa Jatihurip Enang Santoni bersama rekannya saat memberikan bantuan beras kepada warga di Aula Desa Jatihurip, baru-baru ini.
0 Komentar

sumedangekspres – KOTA – Sebanyak 836 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) warga Desa Jatihurip Kecamatan Sumedang Utara, mendapatkan bantuan beras 10 Kg,  dari Badan Ketahanan Pangan Nasional (Bapanas ) dan Bulog melalui PT Pos.

Kegiatan penyaluran dilaksanakan dimulai sejak Senin (3/6).

Hal tersebut disampaikan Kepala Desa Jatihurip, Tata, melalui Staf Pemerintahan Desa Jatihurip, Enang Santoni kepada Sumeks, baru-baru ini.

“Allhamdulillah pada hari Senin (3/6) Kami Pemerintahan Desa Jatihurip mulai menyalurkan beras 10 Kg, bantuan dari Bapanas yang bekerjasama dengan Bulog melalui PT Pos sebanyak 836 KPM kepada warga sesuai data yang diterima dari Kantor Pos,” kata Enang.

Baca Juga:Kampus Kolaborasi dengan Pemkab: Kembangkan Pertanian OrganikAparat Desa Cikahuripan Gelar Musyawarah BLT DD: Harus Tepat Sasaran

Ia juga mengatakan, untuk kuota bantuan beras tahun 2024 di Desa Jatihurip ada pengurangan sekitar 534 KPM, dimana pada tahun 2023 bantuan beras yang bersumber dari Bantuan Pangan Non Tunai kami (BPNT) mendapatkan kuota sebanyak 1370 KPM, dan kini dari Bapanas hanya mendapat 836 KPM.

“Adanya pengurangan  kuota tersebut awalnya ada gejolak di warga tapi setelah ada penjelasan dari bpk Kades dan para perangkat warga bisa mengerti bahwa sumber bantuanya berbeda,” ucapnya.

Lebih jauh Enang mengatakan, terkait sistem penyaluran  bantuan beras di desanya dengan cara melibatkan Ketua RT dan RW, 

“Jadi perangkat desa yang turun kelapangan, dengan cara begini lebih efektif dan lebih cepat penyaluranya,” ujarnya.

Enang berharap kepada pemerintah, kuota bantuan beras bagi warganya yang bersumber dari Bapanas tersebut bisa ditambah lagi.

“Untuk penambahan kuota ini disesuaikan dengan jumlah penduduk yang mencapai 11000 lebih, jelasnya untuk kedepanya harus ditambah lagi kuotanya, dan hal ini juga sesuai hasil cek ricek dilapangan masih banyak warga kami yang tidak mampu belum mendapatkan,” imbuhnya.

Enang juga berterima kasih kepada pemerintah yang telah membantu warganya.

“Saya atas nama warga Desa Jatihurip sangat bersyukur dan berterimakasih kepada pihak Pemerintah dan Intansi terkait, atas bantuan beras yang diberikan ke warga Desa Jatihurip, karena ini sangat membantu perekonomian warga, dan mudah-mudahan adanya bantuan ini warga Jatihurip bisa lepas dari angka kemiskinan,” tutupnya. (ahm)

0 Komentar