Fakta Penyebab Tentang Rambut Rontok yang Harus Kamu Ketahui!

Fakta Rambut Rontok
Fakta Rambut Rontok
0 Komentar

sumedangekspres – Fakta Penyebab Tentang Rambut Rontok yang Harus Kamu Ketahui!

Mengalami kerontokan rambut setiap hari memang hal yang biasa terjadi bagi banyak orang, baik wanita maupun pria. Namun, kerontokan yang berlebihan sering kali menjadi penyebab kekhawatiran. Ketika rambut rontok terjadi secara berlebihan, lantai pun menjadi kotor karena dipenuhi dengan rambut yang rontok. 

Salah satu hal yang paling ditakuti dari kerontokan rambut adalah rambut menjadi tipis dan mengalami kebotakan. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kesehatan rambut dan mencari solusi yang tepat untuk mengatasi masalah kerontokan rambut.

Rambut rontok memang adalah fenomena yang umum terjadi. Meskipun terdengar menakutkan bagi sebagian wanita, sebenarnya kerontokan rambut merupakan bagian alami dari siklus pertumbuhan rambut manusia. Sebelum rambut tumbuh kembali, biasanya akan mengalami fase kerontokan terlebih dahulu. Oleh karena itu, tidak perlu terlalu khawatir jika kerontokan rambut mencapai sekitar 50-100 helai rambut per hari. Itu adalah hal yang wajar terjadi!

Baca Juga:Menarik! 5 Cara Mengobati Rambut Rontok Dengan Bahan AlamiTeman mu Pasti Tertarik! Kata-Kata untuk Bio WA Aesthetic dan Menarik

Namun, stres bisa menjadi faktor yang memperburuk kondisi kerontokan rambut. Stres berat, seperti pasca persalinan, kecelakaan, perceraian, tekanan pekerjaan, atau penyakit tertentu, dapat menguras simpanan vitamin B12 dalam tubuh. Vitamin B12 ini penting untuk menyuplai darah, oksigen, dan nutrisi ke jaringan tubuh, termasuk rambut. Ketika simpanan vitamin B12 terkuras, rambut bisa menjadi rapuh dan mengalami kerontokan.

Oleh karena itu, salah satu cara mengatasi rambut rontok adalah dengan mengelola stres dengan baik. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mengelola stres, seperti berolahraga, mendengarkan musik, menonton film kesukaan, traveling, atau yoga. Dengan mengelola stres dengan baik, kamu bisa membantu menjaga kesehatan rambutmu.

Memilih sampo yang tepat adalah langkah penting dalam merawat rambutmu. Meskipun terdengar paradoks, keramas sebenarnya membantu membersihkan minyak pada kulit kepala, yang bisa mencegah kerontokan rambut. Pastikan untuk memilih sampo yang cocok dengan jenis rambutmu, sehingga akar dan batang rambut tetap terjaga kesehatannya dengan baik.

Hindari paparan polusi udara juga penting untuk kesehatan rambutmu. Partikel-partikel kecil dalam polusi, seperti debu dan kotoran, dapat menumpuk dan menyumbat folikel rambut, menyebabkan rambut menjadi rapuh, bau, dan bahkan rontok. Gunakan pelindung kepala ketika bepergian untuk menghindari paparan polusi yang bisa merusak rambutmu.

0 Komentar