HUT Jatinangor ke 89: Dorong Pelaku UMKM

CICIPI: Pj Bupati Sumedang, Yudia Ramli saat meninjau stan kopi UMKM Desa Jatiroke sekaligus mencicipi kopi kh
ISTIMEWA, CICIPI: Pj Bupati Sumedang, Yudia Ramli saat meninjau stan kopi UMKM Desa Jatiroke sekaligus mencicipi kopi khas desa tersebut, baru-baru ini.
0 Komentar

sumedangekspres – JATINANGOR – Kecamatan Jatinangor merayakan ulang tahun ke-89 dengan meriah. Acara ini dimeriahkan dengan pameran berbagai produk unggulan dari masing-masing desa yang ada di wilayah ini. 

Sebanyak 12 produk UMKM digelar dari masing-masing desa. Pada kesempatanya hadir secara langsung Pj Bupati Sumedang, Yudia Ramli.

“Saya ucapkan selamat kepada Kecamatan Jatinangor yang merayakan ulang tahun ke-89,” ujar Bupati Yudia Ramli dalam sambutannya, baru-baru ini. 

Baca Juga:Pelatihan Pembuatan Modul Digital Untuk Para Guru Sekolah DasarYudia Ramli Dorong Perlindungan Anak dan Kesetaraan Gender

Ia juga mengapresiasi upaya Kecamatan Jatinangor dalam mempromosikan produk unggulan UKMK desa, yang bertujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat desa setempat. 

“Kecamatan Jatinangor, bersamaan dengan perayaan ulang tahun ini, menggelar pameran produk unggulan UMKM desa untuk meningkatkan ekonomi bagi masyarakatnya,” kata Yudia.

Selain itu, Yudia menyebutkan bahwa UMKM di Kabupaten Sumedang sedang didorong untuk naik kelas, dan langkah-langkah seperti ini sangat penting untuk mencapai tujuan tersebut. 

“Dengan inisiatif ini, diharapkan UMKM di Sumedang dapat lebih berkembang dan dikenal luas, sehingga ekonomi masyarakat dapat meningkat,” tambahnya.

Ketua Panitia Ulang Tahun Kecamatan Jatinangor, Endang Rohmayudi, mengungkapkan bahwa pada perayaan kali ini, pihaknya juga mengenang jasa Hasan Natapermana, orang pertama yang menjadi camat di kecamatan tersebut. 

“Dahulu nama kecamatan ini adalah Cikeruh, yang merupakan hasil pemekaran dari Kecamatan Cimanggung,” terang Endang.

Endang juga menambahkan bahwa sejak berdirinya Kecamatan Jatinangor, sudah ada 32 camat yang menjabat. 

Baca Juga:Gerbang Tol Paseh Tingkatkan Perekonomian WargaMTsS Persis Sumedang: Telah Selesai Gelar ASAS Genap 

“Ultah ke-89 ini adalah momentum yang baik untuk mengingat perjalanan panjang dan banyaknya perubahan positif yang telah terjadi sejak nama kecamatan masih Cikeruh hingga menjadi Jatinangor,” jelasnya.

Salah satu kemajuan yang signifikan di Kecamatan Jatinangor adalah keberadaan Universitas Padjadjaran (Unpad), yang merupakan universitas terbesar di wilayah ini dan banyak diminati oleh masyarakat. 

“Unpad adalah kebanggaan Jatinangor dan telah memberikan kontribusi besar dalam bidang pendidikan dan penelitian,” ungkap Endang.

Selain Unpad, terdapat juga beberapa institusi pendidikan lainnya di Jatinangor, seperti Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) dan Institut Teknologi Bandung (ITB) yang kini memiliki kampus di Jatinangor. 

0 Komentar