Pemerintah Desa Kebonjati Panen Cabe Kriting untuk Ketiga Kalinya

TUNJUK: Bendahara Desa Kebonjati, Ekawati saat menunjukan hasil panen cabe di wilayahnya, baru-baru ini.
TUNJUK: Bendahara Desa Kebonjati, Ekawati saat menunjukan hasil panen cabe di wilayahnya, baru-baru ini.
0 Komentar

sumedangekspres – KOTA – Pemerintah Desa Kebonjati melaksanakan Kegiatan panen cabe kriting untuk yang ketiga kalinya, Minggu (9/6).

Kegiatan tersebut merupakan rangkaian dari program ketahanan pangan nabati tahun 2024 tang telah dirancang secara komprehensif oleh Pemerintah Desa Kebonjati. 

Kepala Desa (Kades) Kebonjati, Jajang mengatakan, Panen Cabe ini merupakan momen yang dinanti-nantikan olehnya, karena panen cabe ini bukan sekadar pesta keberhasilan panen saja, namun juga sebagai simbol dari kerja keras, kerjasama, dan kesungguhan warga desa dalam mencapai kemandirian pangan.

Baca Juga:Kelurahan Situ Sumedang Utara Salurkan Bantuan Pangan StuntingPeluang Erwan dan Denden di Pilkada Sumedang 2024

“Kami dari Pemerintah Desa (Pemdes) Kebonjati, siap membantu memberikan dukungan teknis yang diperlukan, kepada semua petani di desa kami untuk meningkatkan produksi tanaman pangan nabati,” ucap Kades.

Kades juga mengatakan untuk kedepannya, terutama dalam masalah ketahanan pangan Pemdes Kebonjati akan terus membantu dan mengajak kepada warganya untuk berupaya dan berusaha mendongkrak perekonomian keluarganya khususnya bagi warga desa Kebonjati.

“Jangan terlalu puas Kalau kita belum capek, jangan menilai keberhasilan itu suatu titik akhir tapi justru itu awal dari keberangkatan kita untuk menjadi lebih baik, kalau bukan oleh kita semua maka perekonomian warga di Desa Kebonjati tidak akan bisa berubah,” tambah Kades.

Menurut Kades keberhasilan menanam cabe merupakan tanda dari keberhasilan program ketahanan pangan di desanya.

“Insya Allah hasil dari panen ini bisa berguna dan bermanfaat terutama untuk warga Keluarga Resiko Stunting (KRS) dan bagi masyarakat yang ekonominya lemah,” ujarnya.

Kades juga memaparkan untuk program Ketahanan pangan jangka pendek yang ada didesanya yaitu dengan penanaman pohon cabe seluas 131 bata, serta penanaman pohon jagung seluas 600 bata.

“Untuk jangka panjangnya yaitu dengan penanaman pohon duren dilahan dekat jalan serta pembibitan domba sebanyak 40 ekor,” jelasnya.

Baca Juga:Wisuda Santri MDTA Cimanggung 2024: Cetak Generasi Akhlaqul Dzaki Wakabun SalimKPU Sumedang: 'Suma dan Sumi' Jadi Maskot Pilkada 2024 

Ia menegaskan, pihaknya akan terus berupaya untuk meningkatkan program tersebut, dengan melibatkan lebih banyak warga desa, dan memperluas lahan pertanian. 

“Tujuan kami adalah agar tidak ada satu pun keluarga di desa kami yang harus mengalami kelaparan atau kekurangan pangan,” tutup Kades. (ahm)

0 Komentar