Harga Hewan Kurban di Pasar Hewan Tanjungsari Merangkak Naik

RAMAI: Menjelang hari raya Idul Adha Pasar Hewan Tanjungsari ramai dikunjungi pembeli.
RAMAI: Menjelang hari raya Idul Adha Pasar Hewan Tanjungsari ramai dikunjungi pembeli.
0 Komentar

sumedangekspres – TANJUNGSARI – Tiga hari menjelang hari raya Idul Adha, pasar hewan di Tanjungsari  ramai diserbu pembeli. Harga hewan kurban seperti domba dan sapi  menunjukan peningkatan signifikan.

Peningkatan harga ini tidak terlepas dari hukum ekonomi di mana permintaan tinggi sementara pasokan pakan menurun akibat musim kemarau.

Cecep Suhud, seorang peternak domba asal Desa Cijambu, Kecamatan Tanjungsari, menyebutkan, pada tahun lalu ia biasa menjual domba dengan harga antara Rp2.500.000 hingga Rp2.700.000 per ekor. Namun, tahun ini menjelang Idul Adha, harga domba melonjak antara Rp 3 juta hingga Rp 4 juta per ekor. 

Baca Juga:Kodim 0610/Sumedang Jalin Komunikasi Sosial dengan PemerintahAde Hadeli Kembali Nahkodai PWI Kabupaten Sumedang

“Kalau sebelum Idul Qurban, domba ukuran sedang atau yang sudah layak diqurban kan dijual di harga Rp2,5 sampai Rp2,7 juta. Sekarang rata-rata di kisaran Rp3 hingga Rp4 juta,” kata Cecep menuturkan baru-baru ini. 

Menurut Cecep, lonjakan harga ini tidak hanya disebabkan oleh tingginya permintaan menjelang Idul Adha, tetapi juga karena dampak cuaca ekstrem. 

“Kadang kala saya harus mencari rumput sampai ke daerah Rancaekek, yang memakan biaya lebih,” tambahnya. 

Cecep yang juga beternak di kawasan Pasir Huni Desa Pasir Nanjung, Kecamatan Cimanggung, menjelaskan bahwa dalam satu kali musim Idul Adha, dirinya bisa meraup omzet sebesar Rp20 juta.

“Tahun kemarin alhamdulillah laku 40 ekor bersama rekanan. Tahun ini baru laku 2 ekor, itu juga dijual ke bandar bukan ke konsumen langsung. Mudah-mudahan Idul Adha tahun ini bisa menjual 50 ekor domba,” ujarnya optimis. 

Kenaikan harga tidak hanya terjadi pada domba, tetapi juga pada sapi. Harga sapi yang sebelum Idul Adha berkisar antara Rp15 juta hingga Rp20 juta, kini naik menjadi Rp21 juta hingga Rp25 juta. Cecep menjelaskan bahwa harga sapi kini dijual berdasarkan berat per kilogram, bukan per ekor.

Saat ini, harga sapi dijual per kilogram antara Rp70.000 hingga Rp75.000. Dengan berat sapi standar untuk dikurbankan sekitar 300 kg, maka konsumen harus menyiapkan uang hingga Rp22.500.000 per ekor. 

0 Komentar