Jakpus Pastikan Hewan Kurban Sehat dan Aman

Jakpus Pastikan Hewan Kurban Sehat dan Aman
Jakpus Pastikan Hewan Kurban Sehat dan Aman
0 Komentar

sumedangekspres – Jakpus pastikan hewan kurban sehat dan aman, pemerintah Kota  Jakarta Pusat (Pemkot Jakpus) telah memastikan hewan kurban di 71 lokasi penjualan atau penampungan terbebas dari penyakit berbahaya.

Hal tersebut sudah dipastikan oleh Asekbang Jakarta Pusat, Bakwan Ferizan Ginting, usai melakukan tes pemeriksaan kesehatan sapi, kambing, dan domba yang ada di tempat penampungan serta penjualan hewan kurban.

“Tadi sudah kami pantau, berdasarkan pemantauan tim suku dinas KPKP beberapa waktu terakhir, tidak ditentukan hewan yang berpenyakit berbahaya,” kata Bakwan, Rabu, 12 Juni 2024.

Baca Juga:Jokowi Himbau Masyarakat Untuk Melaporkan Praktik Judi OnlinePembullyan Terhadap Siswi SMP di Bekasi

Berdasarkan perhitungan sementara, jumlah hewan kurban di 71 lokasi tersebut yang mengantongi izin sebanyak 3.342 ekor, terdiri dari 781 sapi, 2.411 kambing, dan 150 domba.

Sementara itu, Bakwan mengungkapkan bahwa pihaknya belum dapat memastikan kesehatan hewan kurban di luar lokasi yang mereka pantau. 

Karena itu, masyarakat diimbau agar membeli hewan kurban di tempat jual beli yang telah mengantongi izin dari pemerintah setempat. 

“Kami di  Jakarta Pusat ada 71 titik yang kita pantau. Dan, harapan kita tidak ada titik yang di luar kendali kita,” ucap Bakwan.

Berdasarkan hasil pemantauan di 71 lokasi, lapak jual beli hewan kurban dinyatakan dalam kondisi baik sudah dilengkapi penerangan dan air bersih.

Kendati demikian, ada catatan untuk kebersihan lapak pedagang hewan kurban masih perlu ditingkatkan.

Sementara itu, Kepala Suku Dinas (Sudin) Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP)  Jakarta Pusat, Penty Yunesi Pudyastuti, mengatakan  71 lokasi penampungan hewan kurban ini bukanlah tempat permanen.

Baca Juga:Berani Bayar 100 Juta! Mahfud MD Bertaruh Soal Kasus Vina Cirebon Selesai Dalam 7 Hari2 Cara Mudah Hilangkan Bintik Hitam Di Wajah

“Iya sementara, karena kami nggak tau kan nanti akan datang lagi, biasanya pas mepet-mepet Hari Idul Adha banyak yang tiba,” tutur Penty.

Penty menjelaskan, pemeriksaan kesehatan terhadap hewan kurban mencakup usia, kesehatan gigi, pengecekan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), flu, antraks, dan penyakit berbahaya lainnya.

“Umur hewannya kalau dari syariat Islam cukup umur, dari gigi susu, kemudian dari kesehatan hewan kita pastikan tidak ada penyakit yang berbahaya, Insya Allah kita pastikan tidak ada,” imbuh Penty.

Artikel ini telah terbit di Disway.ID dengan judul Beli Hewan Kurban di Jakpus Dipastikan Sehat dan Aman, Tersebar di 71 Lokasi

0 Komentar